Lebih 60 Tenaga Medis Kalsel Terpapar Covid-19

Ketua IDI Kalsel, dr Mohammad Rudiansyah (Hafidz)

Banjarmasin, kalselpos.com– Hal mengejutkan datang dari data yang dilempar oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalimantan Selatan (Kalsel) yang menyatakan saat ini lebih dari 60 orang tenaga medis di Bumi Lambung Mangkurat telah dinyatakan terpapar virus Corona.

Ketua IDI Kalsel, dr Mohammad Rudiansyah mengatakan, bahkan dari seluruh jumlah tersebut diantaranya sudah meninggal dunia atau gugur lantaran terinfeksi oleh virus yang menyerang jaringan pernafasan manusia itu.

Bacaan Lainnya

“Dari lebih 60 orang tenaga medis yang terpapar Covid-19 tadi beberaa orang diantaranya telah dinyatakan meninggal dunia lantaran dinyatakan positif virus Corona,” ucapnya saat ditemui kalselpos.com di tempat kerjanya, Kamis (23/07/2020) Pagi.

Ia menjelaskan, nakes yang terpapar tersebut merupakan tenaga medis yang bertugas di berbagai macam fasilitas kesehatan.

“Ada yang bertugas di rumah sakit, Puskesmas, klinik, hingga praktik swasta yang ada di kalsel,” terangnya.

Saat ini, para tenaga medis yang terpapar tersebut sedang menjalani isolasi sekaligus perawatan sebagainupaya untuk lepas dari jeratan paparan virus Corona ini.

“Mereka yang terpapar virus Covid19 itu, kini masih ada yang dirawat di Rumah Sakit dan juga melakukan isolasi mandiri,” Katanya.

Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) itu mengaku miris melihat kondisi yang terjadi pada pejuang kemanusiaan yang berada di garda terdepan dalam penanganan Covid-19 saat ini, pasalnya dalam setiap menjalankan tugas, khususnya menangani pasien yang terpapar Covid-19, pihaknya sudah menjalankan protokol kesehatan dengan benar

“Padahal kami semua tiap kali menangani pasien selalu mengenakan alat pelindung diri yang lengkap, kita juga bingung kenapa bisa tertular, mungkin saja disaat pelepasan pemakaian alat pelindung diri, bisa juga dari makanan, ataupun sentuhan dari tempat-tempat yang sudah terkontaminasi,” papar dokter yang akrab disapa dr Rudi itu.

Sehingga ia menghimbau, kepada seluruh kawan-kawan sejawat yang saat ini tengah berjuang, agar selalu menjaga kesehatan dan keselamatan.

“Semoga mereka para tenaga medis yang saat ini sedang bertugas di rumah sakit, Puskesmas, klinik, hingga praktik swasta di Kalimantan Selatan, selalu mendapatkan lindungan kesehatan,” pungkasnya.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Hafidz
Editor : Zakiri

Pos terkait