DLH Menduga ada Oknum yang Sengaja Buang Oli Bekas di Sungai KM 2

: Limbah oli bekas yang mencemari aliran sungai di kawasan Jalan A Yani KM 2 Banjarmasin diduga kuat dilakukan dengan sengaja (Fudail)

Banjarmasin, kalselpos.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin menduga terdapat oknum yang sengaja membuang oli bekas yang mencemari sungai di kawasan Jalan A Yani KM 2 Kota Banjarmasin.

Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, DLH Kota Banjarmasin, Marzuki

Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, DLH Banjarmasin, Marzuki mengatakan, pihaknya sudah mencari dugaan awal sumber dari limbah oli bekas tersebut berasal.

Bacaan Lainnya

Namun ketika dilakukan pemeriksaan langsung ke lapangan, petugas DLH sama sekali tidak menemukan bekas atau sisa-sisa oli bekas tersebut di sisi kanan dan kiri sekitar lokasi.

“Petugas kita sudah melakukan pengecekkan di saluran yang diduga kuat sebagai sumber dari limbah yang mengandung Bahan Berhaya dan Beracun (B3) ini berasal. Tapi kami tidak menemukan apapun,” ucapnya pada kalselpos.com, Kamis (23/07/2020) siang.

Sehingga pihaknya menduga ada oknum yang sengaja membuang limbah B3 ke aliran sungai di kawasan tersebut dan langsung tidak memakai saluran itu lagi.

“Kemungkinan oknum ini langsung membuang, kemudian ia tidak lagi menggunakan saluran pembuangan itu,” ujarnya.

Seperti diberitakan kalselpos.com sebelumnya, endapan lumpur yang diduga kuat bercampur dengan oli bekas itu mengakibatkan air sungai di kawasan tersebut menjadi berwana coklat kehitam-hitaman, bahkan menimbulkan bau busuk.

DLH Banjarmasin sendiri sudah melakukan pengambilan sampel air yang bercampur dengan limbah tersebut untuk diteliti lebih lanjut di laboratorium.

“Saat ini kita masih menunggu hasil pengujian dari sampel yang sudah diambil kemarin,” imbuhnya.

Kabid dengan sapaan Jack ini mengaku miris dan sangat menyayangkan adanya temuan limbah yang mencemari lingkungan tersebut.

“Kita harap kejadian seperti ini jangan sampai terulang kembali, dan kami akan tetap melakukan pengawasan disetiap sudut kota, apalagi kawasan A Yani itu merupakan jalan yang selalu dilalui banyak masyarakat,” jelasnya.

Dengn demikian, ia selaku orang yang mengkoordinir kebersihan di kota yang berjuluk Kota Seribu Sungai itu telah menginstruksikan kepada seluruh bawahannya yakni petugas kebersihan yang bertugas di sepanjang Jalan A Yani agar lebih intensif melakukan pengawasan.

“Kita telah mengiintensif petugas kebersihan untuk meningkatkan pengawasan di Jalan A Yani dan sekitarnya yang terindikasi ada oknum yang sengaja membuang limbah cair oli ini,” tukasnya

Selain itu, Jack menambahkan, ia berharap keikutsertaan tanggungjawab masyarakat dalam menjaga kebersihan kota. “Jika menemukan oknum atau orang yang sengaja membuang sampah ataupun limbah seperti ini di sembarang tempat, apalagi di sungai. Tolong segera laporkan kepada kami pemerintah Kota Banjarmasin,” tandasnya.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri

Pos terkait