Gugus Tugas Covid-19 Kalsel belum Bubar

Abdul Haris Makkie

Banjarbaru,kalselpos.com – Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan selatan (Kalsel) belum bubar. Meski Presiden Joko Widodo (Jokowi) membubarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 nasional dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Daerah.

Ketua Harian  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Daerah Kalsel, Abdul Haris Makkie mengatakan, pihaknya masih terus bekerja dan berupaya menurunkan angka penyebaran Corona hingga dengan terbentuknya personil Satgas Pusat dan Daerah untuk penanganan Corona.

Bacaan Lainnya

“Sambil menunggu petunjuk lebih lanjut, sampai saat ini kami masih melaksanakan tugas sebagai gugus tugas penanganan Covid-19 kalsel,” ujar Haris kepada kalselpos.com, Rabu (22/7/2020) siang.

Sekdaprov Kalsel itu menyampaikan, sampai dengan terbentuknya organisasi dan personalia di Satgas Pusat dan Daerah, pihaknya terus bekerja seperti biasa.

Haris menyampaikan, sesuai dengan amanat Perpres akan dibentuk Satgas Penanganan Covid-19 Daerah, sesuai dengan pertimbangan dan rekomendasi Satgas Penanganan Covid-19 Pusat/Nasional.

Keputusan Jokowi tersebut melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 tahun 2020 tentang Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Perpres tersebut diteken Jokowi pada Senin (20/7/2020).

“Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Daerah sebagaimana pada pasal 1 dibubarkan,” bunyi Pasal 20 ayat 2 huruf B.

Setelah Gugus Tugas dibubarkan, pelaksanaan tugas dan fungsi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 daerah dilaksanakan oleh Komite Kebijakan atau Satuan Tugas Penanganan Covid-19 yang berada di bawah Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Komite tersebut terdiri atas tiga unsur, yaitu Komite Kebijakan, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 serta Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE