Wabup Berry Hadiri Rakor Bersama Mendagri

  • Whatsapp
Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Berry Nahdian Forqan menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Tahun 2020, bertempat di Mahligai Pancasila Banjarmasin, akhir pekan tadi. (ist)

Barabai, kalselpos.com – Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Berry Nahdian Forqan menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Tahun 2020, bertempat di Mahligai Pancasila Banjarmasin, akhir pekan tadi.

Dihadiri, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian didampingi Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor. Rapat juga diikuti Ketua DPRD Prov Kalsel, Anggota Forkopimda Prov Kalsel, Pejabat pimpinan tinggi madya Kemendagri dan perwakilan dari KPU Provinsi Kalsel, Bawaslu Kalsel dan sejumlah kepala daerah kabupaten/kota se Kalsel, serta Para Kapolres, Dandim, Ketua KPU, Ketua Bawaslu se Kalsel.

Bacaan Lainnya

Kali ini, pembahasan terkait isu strategis dalam rangka memantapkan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020, dengan penerapan secara ketat protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Setidaknya, 8 kabupaten/ Kota yang akan menggelar Pilkada Serentak 2020 di wilayah Kalsel.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mendorong pemerintah daerah yang akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun ini, segera mencairkan seluruh dana hibah pemilihan yang sudah tertuang dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Sebab, masih ada beberapa daerah yang belum mencairkan seluruhnya.

“Rapat yang digelar di Banjarmasin adalah, rapat persiapan menjelang digelarnya Pilkada di 8 Kabupaten/kota yang ada di Kalsel, Ia merasa gembira mendengar laporan dari Ketua KPU dan Bawaslu Kalsel yang melaporkan prinsipnya semua daerah yang akan menggelar pemilihan di Kalsel telah siap, ” katanya.

Menurut Mendagri, hasil Rakor tadi, dirinya sebagai Mendagri, optimis Pilkada pada 9 Desember 2020 di Kalsel bisa terlaksana. Karena dari sisi anggaran tidak masalah.

“Kita ramai-ramai bantu untuk sosialisasi agar partisipasi masyarakat tinggi, dan isu yang kita angkat isu sentralnya adalah mengenai masalah efektivitas kepala daerah dan daerah yang melakukan Pilkada ini dalam rangka menangani Covid-19. Sehingga, justru Pilkada bisa mempercepat pengendalian Covid-19 di Kalsel disamping akan membantu sektor ekonomi dan dampak sosialnya karena uangnya beredar,” ungkap Mendagri.

Di tempat yang sama, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan, mengapresiasi kegiatan rapat koordinasi dalam rangka persiapan Pilkada.

“Pilkada serentak yang dilaksanakan tahun ini memang bukan yang pertama, tetapi kewaspadaan, deteksi dini, cegah dini, konsolidasi dini dan membangun solidaritas di seluruh tahapan menjadi sangat penting karena ini merupakan agenda besar untuk memilih pemimpin daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, Wabup HST usai menghadiri acara tersebut mengatakan, sejauh ini Pemkab HST terus berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu Kabupaten terkait pelaksanaan Pilkada 2020 di HST.

“Insyaallah, semua berjalan lancar dan kita akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, sehingga pelaksanaan Pilkada di HST tahun ini dapat dilaksanakan 9 Desember 2020 mendatang,” ungkapnya.

Berry juga menekankan, esensinya dari pelaksanaan Pilkada tersebut tidak hanya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya saja, tetapi juga mengajak masyarakat untuk menjadi pemilih cerdas dalam memilih pemimpin yang akan berdampak pada pembangunan.

“Kita berharap, angka partisipasi pemilih dalam Pilkada serentak tahun 2020 dapat mencapai angka yang tinggi. Untuk mencapai target itu, menurutnya memerlukan langkah bersama semua pemangku kepentingan atau stakeholder seperti, KPU, Bawaslu, pemerintah daerah, masyarakat termasuk media untuk menggelorakan supaya masyarakat berpartisipasi menyalurkan hak suaranya, ” tungkasnya.

Namun beri berpesan, siapapun yang terpilih, nantinya. Diia mendapatkan dukungan dan restu yang kuat dari masyarakat. sehingga pada saat dia memimpin, dia percaya diri karena rakyat mendukung dia.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : adiyat
Editor : wandi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.