Pencoklitan’ Dimulai, Panwascam dan PPDP Harus Terapkan Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
PENGARAHAN-Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Hulu Sungai Utara (HSU) berikan arahan ke Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten terkait alat kerja untuk Pencocokan Penelitian (coklit).(ist)

Amuntai, kalselpos.com – Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Hulu Sungai Utara (HSU) berikan arahan ke Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten terkait alat kerja untuk Pencocokan Penelitian (coklit).

Pencoklitan, sendiri akan dimulai pada 15 Juli hingga 13 Agustus 2020.

Bacaan Lainnya

Dimana, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) nantinya akan mengunjungi rumah-rumah warga untuk dicoklit.

Dengan tujuan, memastikan masyarakat di Kabupaten HSU tercatat sebagai pemilih dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2020.

Sehingga Panwascam se Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Panitia Pengawas Kelurahan/Desa akan melakukan pengawasan terhadap kinerja PPDP dan menerima laporan masyarakat.

Ketua Bawaslu HSU Syardani mengatakan, pengawasan terhadap Coklit daftar pemilih merupakan suatu yang sangat penting, karena menyangkut hak setiap warga.

“Panwascam dan jajaran dibawahnya harus selalu melakukan koordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Melakukan pemetaan terhadap daerah yang menjadi kerawanan dalam proses Coklit juga merupakan hal penting,” jelasnya.

Ia menekankan, agar Jajaran pengawas, baik di tingkat kecamatan maupun Kelurahan/Desa harus tetap menerapkan protokol kesehatan sebagaimana anjuran pemerintah,

“Setiap melakukan tugas pengawasan, minimal memakai masker dan menggunakan hand sanitizer, ” tegasnya

Anggota Bawaslu, Emmy Najmiati menambahkan, Panwas Kecamatan, sebelum melakukan pengawasan agar memperhatikan kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) para PPDP dan memenuhi standar protokol kesehatan.

Bawaslu, Panwas tingkat kecamatan, kelurahan/desa mengawasi Coklit serentak yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan jajarannya.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa data Coklit yang dilakukan PPDP benar-benar akurat.

“Jadi bukan hanya coklitnya yang kita awasi, tapi PPDP nya pun diawasi, caranya ialah Panwascam ikut mendampingi mereka. PPDP melakukan pencoklitan dengan cara door to door, kita juga ikut mengawasi,” tungkasnya.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis: adiyat
Editor : wandi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.