Dandim 1004 : “Sinergitas harus terjaga dengan baik”

Komandan Kodim 1004 (Dandim) Kotabaru Letkol Inf Rony Fitriyanto

Kotabaru, kalselpos.com – Saling menjaga kebersamaan untuk terus membangun sinergitas menjadi hal penting untuk dilakukan bersama-sama. Hal itu sebagai upaya dalam meningkatkan silaturahmi guna menjaga keadaan yang diharapkan selalu kondusif.

Bacaan Lainnya

Oleh karenanya, hari ini tadi Kamis (17/7/20), Kodim 1004 melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan aparatur pemerintahan Kabupaten Kotabaru, yang kali ini mengangkat temanya adalah “Sinergitas Membangun Bangsa”.

Hal itu bertujuan memelihara dan meningkatkan hubungan antara TNI dengan lembaga pemerintahan di Kabupaten Kotabaru. Selain itu, menanamkan nilai-nilai Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara agar sinergitas terus terjaga, dalam membantu pembangunan di daerah.

Kegiatan tersebut turut dihadiri pula oleh Sekdakab Kotabaru, Danlanal, Kapolres, Kasi Intel Kejaksaan Negeri, Kasdim 1004, jajaran SKPD di ruang lingkup pemerintahan, para Camat, Lurah dan Kepala Desa, yang berlangsung di aula Makodim 1004 Kotabaru.

Dalam kesempatannya, dikatakan oleh Komandan Kodim 1004 (Dandim) Kotabaru Letkol Inf Rony Fitriyanto bahwa, kegiatan Komsos 3 pilar tersebut tentunya untuk memelihara dan meningkatkan hubungan silaturahmi dengan segenap komponen bangsa sesuai dengan temanya sinergitas membangun bangsa.

“Dalam hal ini juga, kami sedikit memaparkan pokok-pokok kebijakan pimpinan diantaranya yakni, pelaksanaan 3 T (Testing, Tracing dan Trantment),” tuturnya.

Dijelaskannya lebih jauh, testing berkaitan dengan Kodim 1004 membantu Dinkes, Pukesmas dalam pelaksananan rapid test terhadap masyarakat yang berpotensi terjangkit Covid-19.

Sementara dari sisi tracing, Kodim 1004 juga terus membantu pelaksanaan pendataan dan penelusuran terhadap masyarakat yang terindikasi Covid-19, dan terakhir adalah trantment yakni, Kodim 1004 telah mendorong pemerintah daerah dalam penyiapan rumah sakit rujukan pasien Covid-19.

“Selain itu ada juga gerakan nasional disiplin protokol kesehatan untuk terus melaksanakan Ops disiplin protokol kesehatan oleh TNI dalam membantu gugus tugas dalam rangka memperluas langkah penanganan Covid -19. Hal ini sesuai dasar hukum TNI. Gakplin protokol kesehatan bersama gugus tugas daerah serta selalu membangun inovasi dan trobosan yang kreatif guna penangani penyebaran Covid-19 utamanya di Kabupaten Kotabaru,” jelasnya.

Disamping itu, pengendalian wilayah perbatasan dan transportasi lintas wilayah dalam hal ini meliputi pengawasan baik transportasi darat, kapal antar wilayah dan transportasi dari zona merah menjadi penting. Beberapa penekanan pemerintah RI yang dibacakan Dandim 1004 dalam kesempatan Komsos ini diantaranya adalah, terus melaksanakan Ops pendisiplinan protokol kesehatan secara terus menerus, sosialisasi penggunaan masker kepada masyarakat, perlu tindakan extra ordinary dalam penanganan saat ini, sosialisai dan kampanye yang masif, tetap humanis, gunakan kearifan lokal, maksimalkan semua sarpras yang tersedia, inovatif dan kreatif seperti program kampung tangguh, pasar tangguh dan pelabuhan tangguh serta terus mempunyai terobosan terobosan yang positif, dan yang terakhir tetap melibatakan tokoh formal maupun informal, aparat pemerintahan sipil, toga, tomas, todat dan ormas generasi muda serta komunitas hobi lainnya.

“Menjadi perhatian juga terkait dengan pemberdayaan dan keselarasan dalam pencegahan Karhutla yang dinilai lebih efektif diatasi dengan upaya memperkuat pencegahan daripada upaya penanganan, tetap terus mensinergikan para pihak agar dapat melakukan pemantauan di tingkat kabupaten, kecamatan sampai ke desa-desa agar wilayah Kotabaru dapat menekam kebakaran hutan dan lahan,” pungkasnya.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Muliana
Editor : Aspihan Zain

Pos terkait