1.+ Bantuan Spesifik perempuan dan anak lawan Covid-19 di Salurkan. 2.- Gustu Covid-19 Kapuas siap sampaikan laporan  ke BPK

Epaper Kalselpos - 1184 Edisi Kamis 16 Juli 2020
  • ADV HULU SUNGAI TENGAH

Bantuan Spesifik perempuan dan anak lawan Covid-19 di Salurkan

Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB PP dan PA) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menyalurkan bantuan spesifik untuk perempuan dan anak di Kecamatan yang terdampak Covid-19. 

BARABAI, K. Pos – Bantuan merupakan, dari dana dekonsentrasi kementerian PPPA yg diperuntukan ke seluruh perempuan dan anak yg terpapar covid-19 dengan kategori kondisi keluarga prasejahtera se-indonesia. 

Bacaan Lainnya

Dari sekian data yang diberikan oleh Dinas kesehatan.  Dimana mereka yang terpapar covid-19 dan masuk kategori keluarga pra sejahtera setelah diverifikasi, hanya terdapat 10 orang yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan spesifik perempuan dan anak dari keluarga prasejahtera yang tersebar berada di Lima Kecamatan.

Dinas Sosial PPKB PP dan PA diwakili Kabid PP dan PA Farida Afriani menyampaikan, ini adalah salah satu rangkaian dari kegiatan Hari Anak Nasional yang puncaknya pada tanggal 23 Juli nanti.

Sementara itu, Hj. Ernawati Chairansyah selaku Ketua Tim Penggerak PKK dan Tesy Haryani Berry Nahdian Forqan yang menyerahkan secara simbolis bantuan kepada masyarakat  terdampak covid-19 yang ada di kecamatan Barabai, Kecamatan Pandawan, Kecamatan Labuan Amas Utara dan Kecamatan Haruyan.

Paket bantuan tersebut terdiri susu, suplemen, masker, biskuit dan sabun. Paket tersebut diharapkan, dapat meningkatkan nutrisi dan gizi bagi perempuan dan anak agar dapat meningkatkan daya tahan guna terhindar dari pandemi Covid-19.

“Di tengah pandemi Covid-19, semua lapisan masyarakat harus mampu melindungi keluarga dengan bersama-sama menjaga kedisiplinan dan menerapkan protokol kesehatan, dengan terus menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, serta menjaga asupan makanan sehat dan bergizi,” pungkasnya. (ayt)

 

 

  • ADV PEMKAB KAPUAS

 

Gustu Covid-19 Kapuas siap sampaikan laporan  ke BPK

Ketua Harian Gustu  Covid-19 Kabupaten Kapuas, Panatahan Sinaga, setelah menggelar rapat dengan adanya permintaan BPK RI Perwakilan Kalteng tanggal 30 Juni 2020, siap menyampaikan laporan tematik kinerja dengan tujuan tertentu.

KUALA KAPUAS, K. Pos –Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas  menyatakan siap menyampaikan laporan tematik kinerja dengan tujuan tertentu kepada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Kalimantan Tengah (Kalteng)

Hal ini disampaikan Ketua Harian Gustu Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas, Panatahan Sinaga kepada wartawan usai rapat koordinasi (Rakor) bersama OPD lingkup Pemkab Kapuas di Kantor BPBD Kapuas Jalan Kasturi Kapuas Senin (13/7/2020) sore.

“Kami hari ini telah menggelar rapat setelah adanya permintaan BPK RI tanggal 30 Juni 2020 intinya siap menyampaikan laporan itu,” ujarnya.

Didampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kapuas, Yan Hendri Alle, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas ini, mengatakan Gugus Tugas

mengucapkan kepada BPK RI Perwakilan Kalteng mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan terkait penanganan Covid-19.

Meski begitu, imbuhnya, permintaan BPK RI itu tak hanya menyangkut seputar penggunaan dana Bantuan Tidak Terduga (BTT) tetapi secara keseluruhan.

Panahatan Sinaga melanjutkan, adapun permintaan BPK RI  dimaksud ada 17 item diantaranya, yakni daftar regulasi (Perbup), SK penetapan gugus tugas, data kasus terpapar Covid-19, target Rapid Test.

Kemudian lanjutnya,  Data penggunaan anggaran kebutuhan alat kesehatan, hibah sonasi dan kebutuhan ruang isolasi.

Sebagai tindak lanjut besok, Selasa  (14/7), ujarnya, pihaknya kembali mengadakan rakor dengan  OPD masing-masing, mengkompilasi data kegiatan terkait penanganan Covid-19,

“Nantinya tanggal 16 Juli diserahkan ke Pemkab Kapuas melalui BPKAD,” terangnya.

Pada kesempatan itu,  Panahatan Sinaga, menambahkan, sekaligus menghimbau dan mengharapkan masyarakat selalu mengikuti protokol kesehatan seperti anjuran pemerintah. Mengingat saat ini mulai memasuki tatanan normal.

“Semoga kita semua terhindar dari Covid-19,” tutupnya.(wan)