KONI Bahas Peliputan PON Papua Secara Virtual

Latar Virtual - Diskusi Vurtual KONI Se Indonesia (Fauzie)

Banjarmasin, kalselpos.com – Untuk pertama kalinya Bidang Humas Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Selatan mengikuti rapat KONI se-Indonesia secara daring atau virtual, Rabu (15/7/2020).

Dalam rapat tersebut diantaranya membahas terkait peliputan media pada gelar Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 di Provinsi Papua.

Bacaan Lainnya

Rapat virtual yang dipimpin Ketua Bidang Media dan Humas KONI pusat Ariwangsa itu diikuti Mursyid Arfan sebagai Wakil Bidang Humas KONI Kalsel serta beberapa wartawan media di kantor KONI Kalsel.

Usai rapat tersebut, ia menjelaskan, bahwa rapat ini bertujuan untuk memastikan kesiapan seluruh KONI se-Indonesia, selain persiapan para atlet juga rencana peliputan media gelaran event akbar olahraga nasional tersebut.

Dalam masalah peliputan media pada PON yang awalnya akan diadakan tahun 2020, namun karena adanya wabah Covid-19, sehingga dimundur ke tahun 2021. Dengan demikian, sebagian besar KONI seluruh Indonesia, termasuk KONI Kalsel agar memperpanjang masa pendaftaran bagi wartawan yang akan melakukan peliputan dan didaftarkan ke KONI pusat.

Humas KONI Kalsel, Mursyid Arfan (Fauzie)

“Singkatnya, KONI pusat mengusulkan itu ke Panitia Besar (PB) PON, sebab wewenangnya ada pada PB PON ini,” terang Mursyid.

Ia menuturkan, pendaftaran bagi media massa yang mengajukan wartawannya untuk melaksanakan tugas di PON tersebut dimulai dari 1 Juli hingga 31 Agustus mendatang.

“Karena waktu penyelenggaraan PON ini masih panjang, akan lebih baiknya waktunya juga diperpanjang,” tuturnya.

Termasuk juga harus jelas ketentuan yang harus dipenuhi jika terjadi pergantian wartawan saat penyelenggaraan berjalan.

“Kalau kita daftarkan wartawan sekarang, bagaimana jika diganti oleh medianya nanti, inikan belum ada kejelasan,” ujarnya.

Menurutnya, kontingen olahraga Kalsel yang mengikuti PON pada waktu-waktu sebelumnya selalu menyertakan wartawan yang terdata di KONI Kalsel untuk melakukan peliputan langsung, seperti PON di Jawa Barat lalu.

“Nah, belum tahu lagi di PON Papua ini seperti apa nanti akomodasinya, sebab ini kan masih jauh,” pungkasnya.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Zakiri