Geliat Perpustakaan di Tengah Pandemi Covid-19

: Pelayanan beberapa koleksi perpustakaan dapat diakses melalui online, seperti ebook dan ejurnal melalui jejaring Web milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanbu. 

Batulicin, kalselpos.com– Corona, Virus Disease atau Covid-19 dan pada saat ini kia masih ada dalam situasi Pandemi (Wabah) tersebut. dampak yang dihasilkan dari pandemi ini sangat luarbiasa.

Bacaan Lainnya

Sebagai misal dunia Pendidikan, sudah beberapa bulan dunia pendidikan hingga waktu yang belum bisa ditentukan. tentu hal itu sangat berdampak pada geliat dunia Perpustakaan ungkap H. Ambo Sakka selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Bumbu selasa (14/7) sore.

Perpustakaan jenis dan dimanapun berada termasuk di Tanbu sudah beberapa bulan tidak membuka pelayanan di Kantor  khusus nya untuk pelayananan pinjaman dan pengembalian koleksi ujar nya.

Kendati demikian, sedikit beruntung kata H. Ambo Sakka, sebab selama pandemi covid-19 pihak nya untuk melakukan pelayanan beberapa koleksi perpustakaan dapat diakses melalui online, seperti ebook dan ejurnal melalui jejaring Web milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanbu.

Disampaikan nya juga, untuk memenuhi kebutuhan bacaan masyarakat dia melakukan layanan jemput bola dengan menggerakan 2 Unit Mobil Perpustakaan berkelililing secara bergantian di sepuluh Kecamatan yang ada.

Meskipun hal itu belum maksimal sebut H. Ambo Sakka di karenakan jumlah armada mobil yang dimiliki nya hanya berjumlah 2 unit namun, metode jemput bola itu cukup efektif ditenggah wabah covid-19 yang sedang melanda.

Dari jumlah angka penurunan jumlah pinjaman buku dan penggembalian koleksi bisa kita tekan dengan pelayanan jemput bola. meskipun, belum maksimal namun angka penurunan itu bisa kita tekan yang hanya berada pada 50 % angka tingkat penurunan pinjaman dan pengembalian koleksi tukas nya.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Kristiawan
Editor : Aspihan Zain

Pos terkait