Desa Karang Bunga Ciptakan Masker dari Jeruk

Desa Karang Bunga

Batola, kalselpos.com – Desa Karang Bunga Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan, dikenal sebagai salah satu Desa Agrowisata dan penghasil Jeruk Siam Banjar. Tak heran jika saat musim panen Jeruk tiba, warga setempat sering membuat berbagai olahan dari bahan baku Jeruk.

– Agus Supriadi Sekretaris Desa Karang Bunga

Diantara Produk olahan berbahan jeruk tersebut, ada produk unggulan yang Diproduksi oleh warga Desa Karang Bunga, diantaranya Masker dari Jeruk, Es Krim Jeruk, dan Syirup Jeruk.

Bacaan Lainnya

Munculnya ide atau Inovasi pembuatan produk olahan berbahan Jeruk ini, karena adanya pembinaan keterampilan, dan ketersediaan Bahan Baku yang banyak di Desa ini.

Pembinaan secara berkesinambungan dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Barito Kuala dan Provinsi Kalimantan Selatan, melalui Program Kampung Iklim (PROKLIM) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI.

“Alhamdullillah, berkat adanya Pembinaan dari DLH Kabupaten Batola dan Provinsi Kalsel, Warga Desa Karang Bunga, mampu mengolah Jeruk menjadi berbagai Produk” kata Agus Supriadi yang merupakan Sekretaris Desa Karang Bunga.

Ketangguhan Desa inipun dalam Bermitigasi dan Beradaptasi terhadap dampak buruk Perubahan Iklim sudah tidak diragukan lagi, termasuk mengelola kelembagaan usaha yang ada. Kini Desa yang telah meraih Proklim utama tersebut, bersiap untuk menuju Proklim Lestari Tahun 2021 mendatang.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis:Ahmad Fauzie