Pemko Larang Panitia Kurban Gunakan Kantong Plastik

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Mukhyar (Fudail)

Banjarmasin, kalselpos.com – Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin melarang penggunaan plastik dalam pembagian daging hewan kurban.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Mukhyar mengatakan, pihaknya meminta kepada seluruh panitia kurban di Kota Seribu Sungai itu, untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai yang biasanya digunakan untuk membagikan daging kurban.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, tujuan dari diambilnya keputusan tersebut tidak lain adalah untuk mengurangi volume sampah plastik yang biasanya selalu meningkat saat pelaksanaan hari raya tersebut.

“Daging kurban bisa dibungkus daun dan dimasukkan di bakul. Atau penerima daging kurban tersebut membawa tempat sendiri,” ucapnya pada awak media saat ditemui d ruang kerjanya, Senin (13/07/2020) siang.

Ia menjelaskan, pelarangan untuk menggunakan kantong plastik sekali pakai ini sudah dilakukan sejak tahun lalu. Sudah banyak kegiatan penyembelihan hewan kurban dari beberapa panitia kurban yang tidak menggunakan kantong plastik.

“Kami terus mengingatkan kepada panitia hewan kurban tahun ini harus betul-betul tidak menggunakan kantong plastik,” tegasnya.

Selain itu, ia kembali menyarankan agar panitia dalam pelaksanaan kurban yang dimasa pendemi Covid-19 ini bisa mengantarkan langsung daging hasil penyembelihan itu ke rumah penerima.

“Diantar langsung ke rumah ini agar tidak terjadi kerumunan masa saat warga ingin meambil daging hewan kurban,” Ungkapnya.

ia melanjutkan, hal itu sudah sejalan dengan permintaan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina yang mengharapkan agar pembagian daging kurban dilaksanakan dengan cara door to door atau langsung diantar ke rumah si penerima.

“Di masa pandemi Covid-19, Kita beserta Pemerintah Kota berupaya keras agar tidak terjadi penumpukan masa dan harus menjalankan protokol kesehatan. Sekaligus memerangi yang namanya sampah plastik,” tandasnya.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri