Kemandirian Fiskal 2019 Lebih 50 persen

Epaper Kalselpos - 1181 Edisi Senin 13 Juli 2020

 

  • ADVERTOTIAL BAKEUDA

 

Bacaan Lainnya

 

Kemandirian Fiskal 2019 Lebih 50 persen

 

Komponen Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) tahun anggaran 2019 terhadap pendapatan daerah diatas 50 persen.

 

BANJARMASIN K Pos– Kontribusi realisasi penerimaan pendapatan Pajak Daerah (PD) sebagai penopang terbesar di sektor penerimaan PAD, yakni 82,60 persen.

Hal itu mencerminkan proporsi penerimaan PD masih mendominasi PAD.

“Derajat desentralisasi PAD terhadap pendapatan daerah secara kuantitatif rasio kemampuan PAD 2019 dengan komposisi kemampuan keuangan termasuk dalam zona aman,” ujar Rustamaji selaku Kabid Pengelolaan Pendapatan Daerah (PPD) Bakeuda Pemprov Kalsel Rustamaji, Sabtu (11/07/20).

Menurutnya, ratio kemandirian fiskal diatas 50 persen diposisi kategori sedang, walaupun kondisi ekonomi tahun 2019 tidak sebaik tahun 2018, dimana capaian kapasitas fiskal daerah Pemprov Kalsel pada saat itu menduduki urutan ke 5 dengan kekuatan total PAD menempatkan pada posisi kesebelas secara Nasional.

Tren kapasitas fiskal daerah tersebut tidak terlepas dari sinergititas pengelola pendapatan daerah dan supporting dari mitra kerja,

“Kerjasama yang baik stakeholder dan semua unsur terkait, melalui program kegiatan optimalisasi pendapatan daerah,” sebutnya

Pada tahun anggaran 2019 tersebut melalui penguatan pendapatan pada sumber-sumber komponen pajak daerah dan retribusi daerah lebih mengintensifkan pendataan, penagihan, pengawasan dan penyesuaian tarif berdasarkan ketentuan yang berlaku dengan melibatkan Pemerintah Kabupaten/Kota sebagai penerima bagi hasil pajak daerah provinsi.

Pemprov Kalsel berkomitmen terus melakukan kreativitas dan inovasi baik pada sektor pelayanan publik yang semakin berkualitas, maupun intensifikasi pendapatan pajak daerah melalui berbagai program kegiatan yang ada bersama mitra kerja dan dukungan stakeholder serta pihak terkait dalam rangka optimalisasi penerimaan PAD pada tahun-tahun kedepan.

“Semoga Allah SWT selalu memberikan petunjuk, lindungan, bimbingan pada kita semua dan limpahan berkah untuk banua kita tercinta Kalsel,” pungkasnya.(adv/dik)