Kapolda Kalsel Tegaskan Prinsip ‘BETAH’ Dalam Seleksi Catar Akpol 2020

Tahapan seleksi penerimaan calon taruna akademi kepolisian (Catar Akpol) tahun 2020 di Lapangan Lambung Mangkurat, Kota Banjarmasin (ist)

Banjarmasin, kalselpos.com – Dalam tahapan seleksi calon taruna akademi kepolisian (Catar Akpol) tahun 2020 Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr. Nico Afinta menegaskan, bahwa pihaknya menerapkan prinsip BETAH dalam setiap proses penerimaan Polisi tersebut.

Bacaan Lainnya

“Bersih Transparan Akuntabel dan Humanis, yang disingkat menjadi BETAH. Prinsip inilah yang kita terapkan dalam seleksi Catar Akpol,” UCAP Kapolda Kalsel, Senin (13/7/2020) pagi.

Selain itu, ia juga menyebut, jika pihaknya tidak akan memungut biaya sepeserpun dari para calon anggota Polisi itu.

“Tidak dipungut biaya sepeserpun, bagi masyarakat jangan percaya dengan adanya oknum yang menjanjikan kelulusan dalam proses seleksi ini,” tegas Kapolda Kalsel.

Sebelumnya Kapolda Kalsel meninjau sekaligus mengawasi secara langsung proses tahapan seleksi calon taruna akademi kepolisian (Catar Akpol) tahun 2020 yabg telah memasuki tahap tes jasmani.

Dalam pelaksanaan tes tersebut, peserta seleksi mengikuti serangkaian tes meliputi lari 12 menit, pull up, sit up, push up dan shuttle run, serta renang dilanjutkan dengan tes antropometri.

Untuk memberikan dukungan kesehatan kepada Panitia dan Peserta seleksi, dilibatkan pula tim kesehatan lapangan dari Biddokkes Polda Kalsel.

Kapolda dengan sapaan Irjen Nico itu memaparkan, terdapat sebanyak 25 peserta seleksi Catar Akpol yang terdiri dari 24 pria dan 1 wanita mengikuti Tes Kesamaptaan Jasmani bertempat di Lapangan Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Disamping itu, ia mengklaim bahwa pihaknya tetap menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan guna mencegah paparan Covid-19 dalam Tes Kesamaptaan Seleksi Catar Akpol kali ini.

“Para panitia dan peserta dilakukan pengecekan suhu tubuh, cuci tangan menggunakan sabun dan air, jaga jarak dan menggunakan masker saat Kapolda Kalsel dan Panitia Seleksi memberikan arahan,” paparnya.

Sebelum tes dimulai, Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr. Nico Afinta dalam pengarahannya mengatakan, agar para peserta seleksi melaksanakan setiap tahapan tes dengan semangat, serius dan benar.

Ia mengimbau kepada semua peserta Catar Akpol 2020 untuk berusaha menampilkan kemampuan terbaiknya, tetap berdoa dan tidak lupa untuk mohon doa restu dari orang tua masing-masing.

Para peserta seleksi dapat melihat langsung hasil yang dicapai pada saat tes. “Apapun hasilnya itu yang terbaik. Bagi yang lulus, persiapkan untuk tes selanjutnya sedangkan yang tidak lulus harus bisa menerima hasilnya dan yakin bahwa masih ada jalan lain yang terbaik buat kalian,” ungkap pria yang dikenal dengan ketegasannya itu.

Dalam pelaksanaannya, Tes Kesamaptaan Jasmani tersebut diawasi oleh Unsur Pengawas Internal dari Itwasda dan Bid Propam serta Pengawas Eksternal dari LSM.

Tes digelar dengan dipantau langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr. Nico Afinta, Wakapolda Kalsel Brigjen Pol. Mohamad Agung Budijono, Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol. Ari Wahyu Widodo dan para Pejabat Utama Polda Kalsel lainnya.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Fahrulany Anang
Editor : Zakiri