1.- Bupati bersama Forkopimda tinjau Tiga KTB. 2.- 461 KK Warga Desa Dirgahayu dapat BST DP

Epaper Kalselpos - 1181 Edisi Senin 13 Juli 2020

 

  • ADVERTORIAL KOTABARU

 

Bacaan Lainnya

 

 

Bupati bersama Forkopimda tinjau Tiga KTB 

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Al-Idrus SH bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melanjutkan kunjungan kerja untuk meninjau tiga Kampung Tangguh Banua (KTB) yang ada di kabupaten itu, Sabtu (11/7)

 

KOTABARU, K.Pos – Tiga kampung tangguh banua yang dikunjungi yaitu Kampung Tangguh Banua yang ada di Desa Pudi Kecamatan Kelumpang Utara, Kampung Tangguh Banua di Desa Tebing Tinggi Kecamatan Kelumpang Tengan dan Kampung Tangguh Banua di Desa Banjar Sari Kecamatan Sampanahan.

Kedatangan Bupati disambut langsung oleh Camat setempat, Kapolsek, Danramil, Tokoh Agama, pemuka masyarakat, Relawan Covid-19 di Desa Pudi serta warga masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Bupati H Sayed Jafar yang juga sebagai Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kotabaru mengatakan, sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah itu, pembentukan Kampung Tangguh Banua yang juga melibatkan unsur masyarakat merupakan program yang patut disyukuri bersama.

“Dengan terbentuknya Kampung Tangguh, diharapkan tidak hanya seremonial semata, namun juga ada implementasi yang nyata serta memaksimalkan kamampuan yang ada di desa sesuai program yang ada, karena apabila program kampung tangguh berjalan baik dan sukses maka yang merasakan manfaatnya adalah masyarakat itu sendiri,” ucap Bupati H Sayed Jafar.

Untuk Pemerintah Desa lanjut Bupati, diinstruksikan agar terus memberikan pemahaman kepada masyarakat dan terus melaksanakan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

Sementara, Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafruddin SH SIK MM juga menyampaikan bahwa, alasan utama dibentuknya kampung tangguh banua adalah untuk menjaga keselamatan,kesehatan serta ekonomi masyarakat khususnya dari Covid-19.

“Pemerintah, TNI dan POLRI hanya bisa membuat peraturan maupun kebijakan, akan tetapi kuncinya kembali kepada masyarakat, harus disiplin taat serta patuh maka insya Allah kita akan selamat dari musibah ini,” jelas Kapolres.

Kesadaran serta kedisiplinan masyarakat sangat diperlukan untuk program ini. “Karena itu kami dari Pemda, TNI dan Polri turun langsung untuk mengunjungi desa kampung tangguh ini untuk memberikan apresiasi kepada kepala desa, Forkopimca serta perusahaan yang ikut andil demi terlaksananya acara ini,” ungkapnya.

“Mari bersama-sama bergerak, kalau bukan kita siapa lagi kalau bukan sekarang kapan lagi,” ucap Kapolres.

Pada kunjungan ini, Bupati juga menyerahkan bantuan berupa bibit ikan, Alat Pelindung Diri (APD), bibit ikan lele dan bibit jagung pada pada warga setempat serta meninjau fasilitas kampung tangguh di masing-masing desa.

Hadir juga dalam acara tersebut, Anggota DPRD Kotabaru, Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafruddin, Dandim 1004/ Kotabaru Letkol Inf Rony Fitriyanto, Danlanal Kotabaru Letkol laut (P) Guruh dwi yudhanto, Sekdakab Drs. H. Said Akhmad, Kepala SKPD, anggota DPRD, Camat dan forkopimca masing-masing kecamatan lokasi Kampung Tangguh Banua beserta jajarannya, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta Tim siaga covid-19.(ana/yans/rel)

 

461 KK Warga Desa Dirgahayu dapat BST DP

KOTABARU, K.Pos – Sebanyak 461 Kepala Keluarga (KK) yang ada di 27 Rt di Desa Dirgahayu Kecamatan Pulau Laut Utara menerima Bantuan Sosial Tunai Dana Pusat (BST DP) tahap III yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

Penyaluran BST DP tersebut bertempat di Balai Desa Pemerintah Desa Dirgahayu, Sabtu (11/7) tadi.

Kepala Pemerintahan Desa Dirgahayu melalui Sektetaris Desa (Sekdes) Desa Dirgahayu Yanuar Arbani Budianto SPd.I mengatakan, pembagian BST ini merupakan bantuan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia yang diperuntukan bagi warga yang kurang mampu terdampak pandemi Covid-19.

“Semoga bantuan yang diterima ini tentunya akan memberikan manfaat bagi warga yang menerima,” ucap Sekdes.

“Gunakanlah bantuan ini dengan sebaik-baiknya untuk keperluan sehari-hari jangan dipergunakan dalam hal yang tidak perlu,” jelasnya.

Kepada masyarakat khususnya warga Desa Dirgahayu, diminta dapat mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah seperti memakai masker bila sedang keluar rumah, mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, sesuai dengan petunjuk protokol kesehatan yang ada serta yang lebih penting warga harus dapat menerapkan pola hidup sehat menjaga kebersihan lingkungan dan diri pribadi.

“Insya Allah kita semua apabila mematuhi dan menjalankannya tentunya wabah virus Corona (Covid-19) dapat kita putus mata rantainya,” tandasnya.(ana)