Dandim 1004 semangati Warga hadapi Covid-19

Dandim 1004 Kotabaru memberikan semangat, menumbuhkan rasa kesadaran, membangun kebersamaan dan solidaritas agar masyarakat aman dari Covid-19 dan produktif dalam meningkatkan perekonomian.

 Kotabaru, kalselpos.com – Menghadapi pandemi Covid-19 yang masih saja terjadi, tentu memberikan dampak luas kepada aktifitas kehidupan masyarakat dan bukan hanya itu saja berkenaan dengan perekonomian pun ikut berimbas. Oleh karenanya, perhatian pemerintah setempat menjadi salah satu upaya bagi masyarakat untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebarannya, yang salah satu upaya nyatanya adalah mengikuti protokol kesehatan.

Bacaan Lainnya

Disamping itu, perhatian pemerintah bersama kalangan Forkopimda dan seluruh masyarakat dalam membentuk Kampung Tangguh Banua (KTB) menjadi usaha yang telah dilakukan bersama-sama dalam menekan angka penyebaran Covid-19 utamanya di Kabupaten Kotabaru.

Sabtu (11/7) kemarin, Bupati Kotabaru bersama dengan kalangan Forkopimda kembali melaksanakan kegiatan mengunjungi Kampung Tangguh Banua (KTB) yang ada di beberapa kecamatan, dan itu dilaksanakan secara berkelajutan melihat kesiapan daerah dalam menjalankan program Kampung Tangguh Banua tersebut.

Kali ini, 3 Kecamatan menjadi target kegiatan yakni Desa Pudi Kecamatan Kelumpang Utara, Desa Tebing Tinggi Kecamatan Kelumpang Tengah dan Desa Banjarsari yang ada di Kecamatan Sampanahan.

Dikesempatan ini Komandan Kodim 1004 (Dandim) Kotabaru Letkol Inf Rony Fitriyanto, S.Sos menyampaikan, perlu diketahui bersama bahwa Covid-19 sudah mewabah keseluruh dunia yang tanpa disadari virus tersebut sampai sekarang makin meningkat, dibentuknya Kampung Tangguh Banua dengan konsep tangguh keselamatan, tangguh kesehatan, tangguh ekonomi, tangguh keamanan dan tangguh informasi tentunya diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran virus.

“Pastinya juga Kampung Tangguh Banua ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kesadaran masyarakat dan membangun semangat kebersamaan dan solidaritas sehingga masyarakat aman dari Covid-19 dan produktif dalam meningkatkan perekonomian,” tutur Dandim 1004 Kotabaru.

Dikatakannya lebih jauh, tujuannya tidak lain hanya memberikan semangat serta motivasi khususnya relawan yang telah ditunjuk dalam menjalankan Kampung Tangguh Banua serta menjalankan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan bersama.

“Program ini dilaksanakan agar dapat mendorong dan memotivasi masyarakat untuk meningkatkan semangat masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan dan hasil perekonomian agar  menjadi kampung tanggguh yang mandiri, dan itu akan berdampak positif kepada kehidupan masyarakat,” tambahnya.

Kendati demikian, lanjutnya, program Kampung Tangguh Banua dapat berjalan dengan baik apabila di dukung oleh seluruh masyarakat yang intinya adalah dapat berperan andil dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga akan berdampak baik bagi kehidupan masyarakat.

“Mudah-mudahan situasi pandemi ini cepat berlalu dan aktifitas masyarakat dapat kembali normal, yang tak kalah pentingnya adalah kita bersama-sama dapat menerapkan protokol kesehatan untuk melaksanakan pola hidup sehat agar terhindar dari virus,” harapnya.

Sebelumnya, dikatakan oleh Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, dalam mewujudkan program Kampung Tangguh Banua yang sudah berjalan sebagaimana harapan, masyarakat di himbau untuk terus menjaga kesehatan dan bekerjasama sehingga dapat mewujudkan kampung tangguh yang benar-benar dapat diandalkan dan menjadi contoh bagi kampung lainnya.

“Kita tidak henti henti-hentinya untuk mendukung dan memberikan supprot bagi program KTB ini, sebagai upaya nyata memutus rantai penyebaran Covid-19 dan agar masyarakat bisa patuh dan taat dalam menghadapi persoalan ini,” katanya.

Tujuan terbentuknya kampung tangguh, lanjutnya, agar masyrakat  terhindar dari virus corona dan agar bisa hidup mandiri selain itu juga pastinya bisa menjaga pola hidup sehat dan selalu menjalankan protokol kesehatan yang baik untuk kebersamaan.

“Kami mengimbau agar masyarakat terus menjalankan protokol kesehatan agar kita semua dapat terhindar dari penyebaran virus, dan mudah-mudahan pandemi ini segera berlalu sehingga kehidupan masyarakat dapat kembali seperti sebelumnya,” tutupnya.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Muliana
Editor : Aspihan Zain