Baksi Sosial Polri Dalam Tangani Banjir di Tala

: Bakti sosial Polri dalam menangani bencana banjir yang merendam Kabupaten Tanah Laut (ist)

Pelaihari, kalselpos.com– untuk menangani musibah banjir besar yang melanda Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, ratusan personel gabungan dari Polda Kalsel, Polres Tanah Laut (Tala), TNI, dan BPBD melakukan bakti sosial penanganan bencana alam.

Bacaan Lainnya

Bakti sosial berupa kegiatan bantuan medis, kebutuhan pokok (Sembako dan pakaian), dapur umum serta mengevaluasi korban terdampak banjir.

Dalam Bakti Sosial Kesehatan pasca banjir, petugas memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang terdampak banjir dengan mendirikan Posko Kesehatan Bhayangkara Peduli Sesama yang bertempat di Kelurahan Angsau Kecamatan Pelaihari untuk membantu masyarakat terdampak banjir.

Pelayanan kesehatan tersebut adalah pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat / vitamin secara gratis. Dalam kegiatan Posko Kesehatan Bhayangkara Peduli Sesama, petugas media juga memberikan pelayanan kesehatan door to door kepada masyarakat korban banjir yang tidak bisa datang ke Posko kesehatan.

Bukan hanya mendirikan Posko Kesehatan dan memberikan layanan kesehatan, personel Polri (Satuan Brimobda Polda Kalsel dan Polres Tala) juga mendirikan dapur umum lapangan guna menyiapkan dan mendistribusikan makanan sebanyak 1000 nasi bungkus yang dibagikan kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Pelaihari serta kepada petugas dilapangan yakni Anggota TNI, Polri dan BPBD.

Selain itu, personel Satuan Brimobda Polda Kalsel dan Polres Tala bersinergi dengan TNI dan masyarakat bersama-sama membersihkan tempat ibadah dan fasilitas umum pasca banjir.

Adapun lokasi yang dilakukan pembersihan meliputi Musholla Al Ikhlas Jalan Datu Daim Kelurahan Pelaihari, Gereja St. Theresia Jalan Parit dan Vihara Buddha Sasana di Kelurahan Angsau.

Kegiatan kemanusiaan pemberian bantuan dan pendistribusian air bersih kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir serta Patroli Gabungan oleh Tim SAR Satuan Polairud Polres Tala dan Satuan Brimobda Polda Kalsel juga dilakukan dalam rangka pengecekan kondisi terkini pasca banjir.

Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta melalui Kapolres Tala AKBP Cuncun Kurniadi menjelaskan, bahwa kegiatan bakti sosial tersebut murni dilakukan untuk membantu warga. “Semoga dengan kegiatan ini, jalinan silaturahmi antara masyarakat dan Polri menjadi terus meningkat,” ungkap Kapolres.

Sementara itu salah seorang warga mengatakan pihaknya sangat gembira atas kedatangan dari personel gabungan TNI-POLRI, yang membantu meringankan pekerjaan warga dengan tanpa diminta.

“Ini merupakan sesuatu yang luar biasa bagi kami dan tentu kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TNI-POLRI, khususnya Polda Kalsel, Polres Tala dan Kodim 1009 Pelaihari,” singkatnya.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Fahrulany Anang
Editor : Zakiri