Kerbau di HSU Diasuransikan, Begini Prosesnya

KANDANG-Kerbau rawa salah saat berada di kalang (Kandang).(ist)

Amuntai, kalselpos.com – Dinas Peternakan dan Pertanian Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memberikan subsidi asuransi sebagai langkah memberikan bantuan bagi peternak kerbau di HSU.

Kepala Bidang Peternakan Akhmad Rijani mengatakan, Program asuransi ini untuk memberikan jaminan jika hewan ternak mengalami mati. Sehingga kerbau yang telah didaftarkan asuransi akan dapat diberikan ganti rugi.

Bacaan Lainnya

“Kita berkaca seperti yang pernah terjadi tahun 2017 banyak hewan ternak yang mati akibat terserang penyakit. Dan Saat ini petugas peternakan melakukan pendataan bagi peternak yang ingin mengasuransikan ternaknya,” katanya, kemarin.

Rijani menjelaskan terkait proses ternak kerbau yang diasuransikan dengan syarat dan ketentuan yakni, sudah berumur minimal 2 tahun. Setelah didaftarkan, hewan yang telah diasuransikan tadi akan mendapat ganti rugi sebesar Rp 10 juta jika mati.

“Bagi peternak yang ingin mengasuransikan mendapat bantuan subsidi sebesar 80 persen jadi hanya membayar sebesar Rp 40 ribu maka hewan ternak sudah mendapatkan jaminan keamanan,” tuturnya lagi.

Ia menuturkan, saat ini untuk program asuransi saat terus berjalan dan cukup antusias di sambut peternak.

“Kami saat ini melakukan pendataan bagi warga yang ingin mendaftar untuk diasuransikan. Peternak cukup antusias ingin mengasuransikan ”, terang Rijani.

Ia menambahkan, saat ini sedikitnya sudah ada sekitar 200 hewan yang didaftarkan peternak. Namun karena masih ada ada wabah Covid -19 sedikit ada kendala melakukan koordinasi dengan pihak Asuransi Jasindo nya.

“Sudah ada sekitar 200 hewan yang ingin mendaftarkan hewannya. Dan kami akan mengkoordinasikan dengan pihak asuransinya”, terang Rijani.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis: adiyat
Editor : wandi