H Sudian Noor : Akan kita gairahkan kembali para Pelaku UMKM di Tanbu

Bupati Tanbu, H. Sudian Noor saat menerima warga masyarakat pelaku UMKM kuliner.

Batulicin,kalselpos.com– Wabah (Pandemi) Covid-19 membuat sektor ekonomi dan dunia usaha di Kalimantan Selatan, Khusus nya Kabupaten Tanahbumbu (Kab. Tanbu) begitu terpukul. banyak sekali pelaku usaha mikro, kecil, dan menenggah (UMKM) kelimpungan menghadapi usaha nya yang terhambat bahkan kritis di tenggah pandemi.

Bupati Tanahbumbu, H. Sudian Noor kepada kalselpos.com menyampaikan, sabtu (11/7) sore, bahwasanya dampak covid-19 dialami oleh seluruh lapisan masyarakat terutama usaha kecil menenggah.

Bacaan Lainnya

Sebuah ikhtiar sudah kami lakukan ungkap Bupati Tanbu, melalui Bidang Kesra beberapa waktu lalu sudah dijalankan dengan membeli produk usaha mikro di desa desa dan membagikan kembali ke masyarakat di desa tersebut.

Kemudian dengan membantu usaha Mikro atau IKM yang sudah di kumpulkan dan didata oleh Dinas terkait melalui pendataan Kecamatan yang masih dalam proses verifikasi Pemkab untuk menentukan jenis bantuan apa yang dibutuhkan terang nya. 

H. Sudian Noor menjelaskan, perlunya verifikasi tersebut melihat kebutuhan tiap desa yang ada. bisa berupa stimulus modal usaha bilamana perlu akan kita beli produk nya, bahkan bisa keduanya baik modal dan pembeli nya.

Sebagai misal, kita tujukan kepada para pedagang sembako kecil, warung kecil, pedagang makanan ringan (home industri), para pedagang kaki lima (gorengan, pentol, tahu, tempe dan sayuran) sebagai strategi untuk menggairahkan daya beli masyarakat bawah dan masyarakat tidak larut dalam situasi pandemi ungkap nya. 

Dia juga menyampaikan, untuk penyaluran BLT Khusus dana APBD yang diberikan kepada 23.492 KL setiap bulan nya sudah berjalan. begitu juga mereka yang sudah menerima bantuan dari APBN seperti PKH, BPNT, BST, BLT desa sudah tersalurkan. mudah mudahan sua itu bisa menggerakan roda ekonomi masyarakat.