Andalkan Jamur Tiram, Desa Danda Jaya Songsong Proklim Lestari

Jamur Tiram Desa Danda Jaya (Ahmad Fauzie)

Marabahan, kalselpos.com – Setelah meraih predikat Utama pada Program Kampung Iklim (PROKLIM) di tahun 2019 oleh Kementerian LHK RI, Desa Danda Jaya yang berada di Kecamatan Rantau Badauh, Kabupaten Barito Kuala (Batola) Kalimantan Selatan, bersiap mengikuti tahap lanjutan, yaitu Proklim Lestari pada tahun 2021 mendatang.

Fahriana /Kadis LH Batola (baju putih pakai jilbab) (Ahmad Fauzie)

Desa yang telah memiliki kelembagaan dalam pengelolaan usaha mikro itu mendapat binaan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batola dan DLH Provinsi Kalimantan Selatan.

Bacaan Lainnya

Ada 13 desa yang menjadi binaan dari Desa Danda Jaya ini, yaitu Desa Karang Bunga,Desa Karang Indah, Desa Pantai Hambawang, Desa Jejangkit Muara, Desa Jejangkit Pasar Desa Kolam Kiri, Desa Pedalaman, Desa Panca Karya, Desa Sido Makmur Desa Sido Mulyo, Desa Karang Buah dan Desa Danau Karya.

Dari sekian desa binaan yang ada di Kabupaten Barito Kuala ini, terdapat tiga desa yang nantinya akan di ikutkan ke tingkat nasional, yaitu Desa Danau Karya, Desa Karang Bunga dan Desa Karang Indah.

Menanggapinhal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Batola, Fahriana mengatakan, pihaknya akan terus berkomitmen memberi dukungan terhadap desa binaannya menuju Proklim Lestari.

“Desa ini, telah meraih tingkat Proklim Utama dan akan terus melanjutkan menuju Proklim Lestari, kami selaku Pemerintah Kabupaten Batola terus berkomitmen bekerjasama mengaktifkan masyarakat serta pihak perusahaan untuk mendukung keberhasilan Proklim Lestari ini,” ucapnya kepada kalselpos.com di Desa Danda Jaya belum lama tadi, Sabtu (11/07/2020) pagi.

Menurutnya, melalui program Kampung Iklim ini, masyarakat Desa Danda Jaya telah mampu mandiri meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka.

Selain bidang pertanian dan perkebunan serta peternakan, desa ini, juga dikenal dengan budidaya jamur tiramnya

“Tak hanya itu, mereka juga membuat aneka produk olahan berskala rumah tangga yang telah dipasarkan secara luas,” pungkasnya

Kepala Desa Danda Jaya Diyono menambahkan, ada beberapa produk unggulan dari Desa Danda Jaya ini, diantaranya jamur tiram, telur puyuh biogas, pupuk organik, rengginang dan roti.

Diantara produk unggulan itu, jamur tiram merupakan produk yang menjadi favorit utama dari Desa Danda Jaya ini, karena pemasarannya yang terus meningkat.

“Diantara produk unggulan yang menjadi favorit kami adalah Jamur Tiram, karena pemasarannya yang luar biasa sampai-sampai kami kekurangan stok,” jelas Diyono.

Ie mengungkapkan, budidaya jamur sendiri tidaklah gampang, bahkan jika musim panas produksui jamur akan menurun karna pertumbuhannya yang sedikit.

“Kalau musim penghujan pertumbuhan jamur meningkat. Tapi jika memasuki musim panas, panen jamur kami mengalami penurunan, sehari hanya dapat enam kilo bahkan bisa turun sampai empat kilo saja, dari seribu log jamur,” bebernya

Sehingga Ia berharap, melalui Program Kampung Iklim ini, masyarakat dapat berperan aktif, sehingga tingkat kesejahteraan dapat meningkat dan kelestarian alam pun dapat terjaga.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor. ; Zakiri

Pos terkait