Perpustakaan MAN 2 Banjarmasin Wakili Kalsel di Tingkat Nasional

Perpustakaan MAN 2 Banjarmasin terpilihsebagai perwakilan Kalsel di Lomba Perpustakaan SLTA/sederajat tingkat Nasional tahun 2020 (ist)

Banjarmasin, kalselpos.com – Kabar menggembirakan kembali datang dari salah satu sekolah di Banua, yakni Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Banjarmasin. Pasalnya sekolah tersebut akan mewakiki Provinsi Kalimantan Selatan dalam perhelatan Lomba Perpustakaan SLTA/sederajat tingkat Nasional tahun 2020.

Torehan prestasi tersebut diketahui saat Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan, Nurlaiani Dardie menyampaikannya pada awak media beberapa saat yang lalu, Jumat (10/07/2020) siang.

Bacaan Lainnya

Ia menceritakan, terpilihnya sekolah yang berlokasi di kawasan Jalan Pramuka, Kecamatan Banjarmasin Timur itu merupakan hasil dari penilaian Tim Juri Lomba Perpustakaan tingkat SLTA dan sederajatnya se-Kalsel, yang memutuskan bahwa perpustakaan milik sekolah tersebut sangat layak menjadi juara pertama di tingkat provinsi.

“Hasil inilah yang mengantarkan mereka ke lomba perpustakaan tingkat nasional,” ungkapnya.

Wanita dengan sapaan Bunda Nunung itu berharap, agar pengelola perpustakaan MAN 2 Banjarmasin ini segera mempersiapkan segala hal sedini mungkin untuk menghadapi lomba tingkat nasional yang akan divisitasi dan dinilai oleh Tim Juri dari Perpusnas RI tersebut.

“Kita doakan perpustakaan milik sekolah di Banua kita ini minimal bisa masuk 15 besar dari 34 Provinsi dan diundang ke Jakarta pada bulan September 2020 untuk presentasi,” harap Bunda Nunung.

Untuk kriteria penilaiannya sendiri, Bunda Nunung memberi sedikit bocoran, Tim Juri akan menilai berkas yang diterima dan dilanjutkan dengan mengunjungi langsung ke perpustakaan sekolah yang mengikuti lomba untuk menilai bagaimana sistem pengelolaan perpustakaan.

Selain itu, kemampuan dari SDM-nya juga dijadikn penilaian, jumlah buku yang tersedia di perpustakaan serta apa saja judul buku yang ada.

“Bahkan bangunan perpustakaan dan sirkulasi buku di perpustakaan sekolah tersebut juga masuk dalam penilaian,” tambahnya.

Menurutnya, prestasi yang diraih oleh Perpustakaan MAN 2 Banjarmasin ini tidaklah dicapai dengan cara yang instan. Untuk bisa menjadi perwakilan Kalsel di perhelatan nasional, mereka menyingkirkan 5 perpustakaan sekolah lainnya.

Diantaranya adalah Perpustakaan SMK Shaltiyah Bitin Kabupaten Hulus Sungai Utara, SMAN 1 Tanta Kabupaten Tabalong, SMK Darussalam Kabupaten Banjar, SMKN 2 Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu dan SMAN 2 Kabupaten Kotabaru.

“Kami ucapkan selamat kepada MAN 2 Banjarmasin. Tapi jangan berkecil hati, bagi yang belum juara agar tetap semangat dan berlanjut meningkatkan pelayanan Perpustakaan SLTA/Sederajat agar lebih baik lagi walaupun masih dalam keadaan pandemi Covid-19,” pungkas Bunda Nunung.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Zakiri

Pos terkait