241 Miliar lebih Silpa Kalsel

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat menyampaikan LPPA APBD tahun 2019 dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kalsel.

Banjarmasin, kalselpos.com – Sisa lebih perhitungan anggaran atau Silpa tahun 2019 mencapai sebesar Rp 241 miliar lebih.

Ungkapan itu disampaikan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor ketika menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Pelaksanaan (LPPA) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( APBD) di Tahun 2019 dalam rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kalsel, Senin (6/7/2020).

Bacaan Lainnya

“Itu hasil penghematan atau efisiensi yang dilakukan pemerintah daerah dari selisih pendapatan dan belanja,” terangnya..

Kemudian dia menyebutkan pendapatan daerah tahun 2019 hanya mencapai Rp 6 triliun lebih dari target Rp 7 triliun lebih.

Disampaikannya, jumlah Silpa yang cukup besar ini terdapat belanja daerah tahun 2019 lalu, yaitu sebesar Rp 5 triliun lebih atau terealisasi 92 persen lebih dan LPPA 2019 tersebut.

Mengacu dari hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Pendapatan daerah tahun 2019 terbesar bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Keberhasilan semua itu adalah hasil kerja sama yang baik DPRD Kalsel bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi Kalsel dan pihak luar.

“55 persen pendapatan daerah kita bersumber dari PAD, seperti pajak kendaraan bermotor dan lainnya,” sebut Paman Birin panggilan akrab Gubernur Kalsel itu.

Selanjutnya, Ketua DPRD Kalsel,H Supian HK mengungkapkan, pihaknya segera membahas LPPA 2019 tersebut melalui Panitia Khusus (Pansus).

“Bulan Juli ini juga diharapkan dapat mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang LPPA Kalsel tahun anggaran 2019,” pungkas Supian HK.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Sidik Alponso
Editor : Muliadi

Pos terkait