Ketersediaan Sapi Kurban di Banjarmasin Aman

Hewan kurban milik Rahman berupa sapi yang siap di jual (Ahmad Fauzie)

Banjarmasin, kalselpos.com – Kendati masih sekitar satu bulan lagi menghadapi Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban bagi ummat muslim, pasokan hewan kurban berupa sapi potong di Kota Banjarmasin tersedia dengan aman.

Bacaan Lainnya

Dari hasil pemantauan kalselpos.com di lapangan, ketersediaan sapi ini cukup banyak dijumpai. Meskipun pelaksanaan ibadah qurban diperkirakan akan dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang serba keterbatasan saat ini.

Salah satu penyedia hewan kurban berupa sapi di Kota Banjarmasin, adalah Rahman yang berlokasi di Jalan lingkar Dalam, Banjarmasin.

Menurutnya, sapi untuk kurban yang ia datangkan dari pulau Kangean Madura, Provinsi Jawa Timur itu bisa menembus 300 hingga 400 ekor setiap jelang hari raya qurban.

Rahman juga mengatakan, saat ini ketersediaan sapi cukup stabil seperti tahun-tahun biasanya. Kendati saat menghadapi pandemi covid 19.

Namun, Ia mengaku belum mengetahui bagaimana kondisi animo pembeli di masa pandemi ini, karena menurut sepengetahuannya saat ini yang memesan sapi masih sebatas dari kalangan pengurus masjid saja.

“Kalau biasa yang pesan banyak dari kalangan majelis atau perkumpulan, karna masa pandemi ini banyak majelis yang diliburkan, jadi kita belum tau lagi animo masyarakat untuk membeli hewan kurban ini,” ungkap Rahman kepada kalselpos.com Minggu (5/7/2020) kemarin.

Ia membeberkan, selain ketersediaan stok yang stabil harganya pun juga tergolong realistis. “Harga yang dibanderol per ekornya berkisar antara Rp 15 hingga Rp 20 Juta,” bebernya.

Lanjutnya, sebelum dipasarkan ke pembeli, sapi-sapi miliknya tersebut sudah mendapat pemeriksaan kesehatan hewan dan menjalani masa karantina oleh petugas kesehatan hewan.

“Jadi sapi yang kita jual ini aman karena sudah diperiksa kondisi kesehatannya sebelum dipasarkan

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor. : Zakiri