Cegah dini Karhutla, Motor Patroli Polsek Mandastana Dimodifikasi

Kapolsek Mandastana bersama Bhabinkamtibmas saat mengoperasikan motor yang dimodifikasi menghadapi Karhutla. (mul).

Marabahan, kalselpos.com– Penanganan Covid-19, pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan pengamanan Pilkada 2020 menjadi prioritas Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr Nico Afinta SIK SH MH

Bacaan Lainnya

Prioritas Kapolda tersebut, Kapolres Batola AKBP Lalu Mohammad Syahir Arif mengingatkan jajaranya agar tetap fokus tiga prioritas itu.

Tiga prioritas itu sudah diaplikasikan Kapolsek Mandastana Ipda Maryono. Dia mengungkapkan, melaksanakan perintah Kapolres tersebut jajarannya sudah menyiapkan sejak dini untuk antisipasi menghadapi Karhutla yang diperkirakan pada bulan Juli ini

“Kami sudah menyediakan satu unit sepeda motor Patroli Bhabinkamtibmas yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk pencegahan dini karhutla di wilayah hukum Polsek Mandastana,” ujarnya saat ditemui kalselpos.com di Mapolsek Mandastana, Kamis (2/7/20).

Satu unit motor tersebut dilengkapi dengan mesin semprot air disertai dengan selang penyemprot, sebut Ipda Maryono”.

Motor Patroli Polsek Mandastana ini diperuntukan apabila terjadi kebakaran lahan maupun hutan di wilayah Mandastana khususnya, maka motor modifikasi tersebut yang pertama turun ke lapangan.

Pihaknya juga akan perintahkan jajarannya yang standby khusus motor ini, ketika kebakaran terjadi, maka motor modifikasi tersebut yang pertama turun ke lokasi kebakaran sambil mengontak pihak BPK setempat dan selalu bersinergi dengan Babinsa.

Ia menyebutkan, untuk sementara yang dioperasikan satu unit dulu guna memadamkan jika terjadi kebakaran hutan.

Selain itu, lanjut Kapolsek, jajarannya juga melakukan Patroli keliling kepemukiman warga untuk melakukan sosialisasi cegah kebakaran hutan dan lahan.

“Saat ini kami sudah gencar melaksanakan sosialisasi dan himbauan Karhutla kepada warga. Sehingga tidak terjadi seperti di tahun – tahun sebelumnya,” cetusnya.

Karuan kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan preventif guna memberikan edukasi kepada warga masyarakat tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan.

Kemudian, melalui spanduk-spanduk tentang penyampaian himbauan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan.

Sosialisasi adalah penting guna memberikan pencerahan serta kesadaran sosial dan hukum kepada seluruh warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan lahan secara sembarangan.

Kapolsek menegaskan, jangan sampai membuka lahan dengan cara membakar hutan dengan sengaja.

“Kendati di tengah pademi Covid-19, jajaran Polsek Mandastana terus meningkatkan sosialisasi Karhutla kepada masyarakat,” pungkasnya.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Muliadi