1. Meskipun Ditengah Covid-19 Penyuluhan dan PLKB Harus Tetap Jalan. 2. FORKI HSU Terima Bantuan Paket Sembako

Epaper Kalselpos - 1175 Edisi Jum'at 3 Juli 2020
Epaper Kalselpos – 1175 Edisi Jum’at 3 Juli 2020

Meskipun Ditengah Covid-19 Penyuluhan dan PLKB Harus Tetap Jalan

Meski kondisi sosial distancing yang dianjurkan oleh pemerintah lantaran saat ini terjadi pendemi covid-19 namun penyuluh KB atau Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) harus tetap berjalan.

AMUNTAI,K.Pos- Hal itu seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Hj Anisah Rasyidah Wahid saat seminar online (Webinar) bertajuk ‘Telaah kampung KB ragam perspektif’ bersama para panelis lainnya se-kalimantan selatan secara virtual.
Saat seminar online itu Anisah menjelaskan, meski Covid-19 telah dinyatakan sebagai Pandemi dunia oleh WHO. Pada kondisi ini diharapkan, terutama PUS dengan 4 terlalu (4T) yakni kriteria usia kurang dari 20 tahun, berusia lebih dari 35 tahun, telah memiliki anak hidup lebih dari 3 orang, atau jarak kelahiran antara 1 anak dengan lainnya kurang dari 2 tahun diharapkan, tidak hamil sehingga petugas kesehatan perlu memastikan mereka tetap menggunakan kontrasepsi.
“Untuk itu, dalam menghadapi pandemi covid 19 ini pelayanan tetap dilakukan tetapi dengan menerapkan prinsip pencegahan pengendalian infeksi dan physical distancing,” jelas Anisah
Semasa Pandemi, Anisah berujar, tugas PLKB dan kader terlebih dahulu menunjukkan rasa empati pada masyarakat mengenali terlebih dahulu lalu memahami kebutuhan dan aspirasi mereka sehingga pesan yang disampaikan bisa relevan.
“Setiap PLKB baik PNS atau non PNS agar membuatkan grup sebanyak-banyaknya dengan kader dan masyarakat sebagai media untuk mengedukasi cara pencegahan terhadap covid 19,” terangnya.
Bahkan kalau perlu mengembangkan konten-konten yang efektif untuk digunakan para penyuluh KB/PLKB dalam mengedukasi kader dan masyarakat melalui media daring terutama selama covid 19.
Selain itu, Anisah juga mengimbau kepada PLKB agar memperhatikan hal-hal lainnya seperti, harus memperhatikan penggunaan APD dengan level yang sesuai dan klien yang datang harus menggunakan masker dan cuci tangan.
“Ditambah lagi keharusan kader untuk memperhatikan protokol kesehatan selama membantu pelayanan,” Pungkasnya.(ayt)

Bacaan Lainnya

 

FORKI HSU Terima Bantuan Paket Sembako

AMUNTAI,K.Pos – Federasi Olahraga Karate – Do Indonesia (FORKI) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menerima bantuan paket sembako.
Bantuan tersebut diserahkan FORKI Kalimantan Selatan melalui aksi solidaritas ‘tolong menolong’ dari berbagai macam kalangan terus dilaksanakan di berbagai daerah sebagai gotong royong dan kepedulian terhadap masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid – 19.
Ketua Harian FORKI Kalimantan Selatan H. Mochtasrul Hamzah Noor mengatakan, sesuai arahan instruksi Ketua Umum FORKI Kalsel H. Sahbirin Noor untuk memberikan paket sembako kepada seluruh pengurus FORKI di Kalimantan Selatan.
“Melihat dampak Covid – 19 ini maka FORKI Kalimantan Selatan ini peduli, sehingga kami mebantu kepada semua pengurus FORKI kabupaten/Kota memberikan paket sembako sesuai jumlah pengurus daerahnya masing – masing” ucap Hamzah saat menyerahkan paket bantuan di Halaman Kantor Bupati HSU, kemarin.
Dijelaskannya, penyerahan bantuan dilaksanakan mulai pagi hari tadi yang langsung dilepas oleh Sahbirin Noor atau lebih dikenal Paman Birin.
Hamzah berharap, dengan adanya bantuan yang diberikan bisa dapat meringankan beban para seluruh pengurus FORKI yang terkena dampak wabah pandemi Covid – 19 yang sudah menyebar diseluruh daerah di Kalimantan Selatan.
Ketua Pengurus Cabang FORKI Kabupaten HSU H. Adi Lesmana menyampaikan, bantuan paket sembako yang diberikan oleh FORKI Kalsel langsung dibagikan kepada seluruh pengurus FORKI HSU.
“Ini tentu sangat bermanfaat bagi anggota FORKI Kabupaten HSU. Apabila masih ada kelebihan (paket sembako) akan kami bagikan ke masyarakat yang membutuhkan,” pungkas Adi.(ayt)