Belasan Karyawan RSUD Sultan Suriansyah Positif Corona

  • Whatsapp
Tenaga medis Kota Banjarmasn tengah melakukan pengambilan sampel lendir dalam swab test (dok)

Banjarmasin,kalselpos.com   – Sebelas karyawan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Suriansyah Kota Banjarmasin divonis terkonfirmasi positif Covid-19 setelah menjalani pemeriksaan swab test yang dilakukan oleh tim medis dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Kota Banjarmasin beberapa waktu lalu.

Terpaksa mereka yang positif tersebut di rumahkan untuk menjalani karantina.

Bacaan Lainnya

Direktur Utama (Dirut) RSUD Sultan Suriansyah, dr Sukotjo Hartono mengatakan, seluruh karyawan yang terkonfirmasi positif virus Corona itu berasal dari berbagai profesi.

“Mulai dari tenaga medis seperti dokter, bidan dan perawat, bahkan petugas laundry satpam dan clening service juga termasuk dalam daftar yang terinfeksi virus ini,” ungkapnya pada awak media.

Sebelumnya, ia mengungkapkan terdapat 65 karyawan di rumah sakit milik Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin ity dinyatakan reaktif berdasarkan hasil dari pemeriksaan skrining yang dilakukan terhadap 427 orang.

“Yang reaktif memang ada, tapi kebanyakan dari hasil tes swab itu negatif,” ujarnya.

Namun, Ia menyebut masih terdapat beberapa karyawan yang belum menjalani skrining berupa rapid test dan swab test Covid-19.

“Jadi kita masih menunggu beberapa orang lagi yang belum menjalani tes swab. Semoga saja hasilnya negatif,” pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengaku prihatin terhadap kondisi tersebut, terutama dengan adanya tenaga kesehatan (nakes) yang juga termasuk dalam daftar terkonfirmasi positif oleh virus yang menginfeksi saluran pernafasan manusia itu.

Kendati demikian, orang nomor satu di Kota Banjarmasin itu belum berencana untuk menutup layanan di rumah sakit tersebut.

“Untuk layanan tidak kita tutup, masih bisa jalan,” tukasnya.

Namun, ia mengakui, bahwa kondisi yang tengah dialami oleh garda terdepan dalam penanganan virus Corona ini membuat krisis bagi jumlah tenaga medis.

Sehingga usulan Kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin ahar bisa menambah tenaga kesehatan di rumah sakit yang berlokasi di Jalan RK Ilir itu sudah dilayangkan.

“Kita suda membuka kembali untuk menerima tenaga medis maupun kesehatan untuk membantu di RSUD Sultan Suriansyah,” tutupnya.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Zakiri