Murjani minta tinjau kembali wacana Pajak Sepeda

: Pemerhati kebijakan publik dan pemerintahan Dr H Ahmad Murjani Mkes SH MH. Dr H Ahmad Murjani Mkes SH MH.

Banjarmasin, kalselpos.com– Pemerhati kebijakan publik dan pemerintahan Dr H Ahmad Murjani Mkes SH MH meminta kepada pemerintah sebagai otoritas berwenang agar meninjau dan mengkaji kembali wacana mengenakan tarif pajak sepeda pancal.

Karena sarana transportasi ini jika ditinjau dari sisi modern sekarang kurang pas.

Bacaan Lainnya

lain halnya armada seperti mobil, sepeda motor dan lainnya, karena sepeda ini lebih banyak diperuntukkan untuk sarana olahraga maupun sekedar keliling – keliling daerah terdekat saja.

“Perlu diingat bahwa sepeda bukan alat angkut untuk usaha, melainkan sarana olah raga, jadi kiranya wacana itu ditinjau kembali,” ungkap Murjani kepada kalselpos.com, Rabu (01/07).

Menurutnya mencuatnya rencana menarik pajak sepeda ini seakan bernostalgia kembali.

Dulu sekitar 40 tahun yang lalu pernah di pungut pajak sepeda di daerah sampai kecamatan dan desa, sebutnya”.

Waktu itu penerapan tarif loces sepeda ini dengan melibatkan petugas pamong praja dengan melakukan pemeriksaan dijalan -jalan untuk membayar pajak tersebut dibuktikan dengan diberikan stiker warna kuning di rekatkan di sepeda.

“Kalau sepeda dikenakan pajak lagi artinya kita kembali bernostalgia, namun wacana ini sudah tidak sesuai dengan keadaaan zaman,” terangnya sambil tersenyum.

Seperti kita ketahui bersama, sepeda pancal ini fungsinya adalah sarana dalam meningkatkan kesehatan seseorang.

Dikatakannya, kalaupun sepeda dipungut pajak, apakah selama ini pabrik sepeda tidak dikenakan pajak atau setiap penjualan di toko toko sepeda di daerah.

“Perlu menjadi pertimbangan bahwa masyarakat kita saat ini sangat banyak berolahraga sepeda, sifatnya bukan permanen,” sebut Murjani

Oleh karena itu, ia meminta kepada otoritas berwenang agar kembali mengkaji lebih dalam lagi strategi untuk memutuskan pungutan pajak sepeda.

“Perlu dipikirkan lagi dengan berbagai pertimbangan baik buruknya,” pungkasnya.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Sidik Alponso
Editor : Muliadi