Peringati Harganas di Barengi Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor

  • Whatsapp
SIMBOLIS-Pelaksanaan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) di barengi dengan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor. (ist)

Amuntai, kalselpos.com– Pelaksanaan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) di barengi dengan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor.

Bupati HSU H Abdul Wahid, HK menyampaikan, untuk Kabupaten HSU mendapatkan target dari BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan sebanyak 2.455 akseptor yang tersebar di 10 kecamatan.

Bacaan Lainnya

“Dengan rincian implan dan IUD sebanyak 69 akseptor, suntikan sebanyak 249 akseptor, pil dan kondom sebanyak 2.237 akseptor. Adapun pelayanan kontrasepsi dilaksanakan di 4 titik pusat pelayanan yaitu di Puskesmas Sungai Malang, Puskesmas Sungai Karias, Puskesmas Haur Gading dan Puskesmas Pasar Sabtu, ” katanya.

Bupati Abdul Wahid juga melanjutkan sambutan dari Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, pembentukan Kampung KB yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Januari 2016 lalu di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat, dan pada saat ini sudah terbentuk 15.923 Kampung KB di seluruh Indonesia, yang terdaftar di situs internet kampungkb.bkkbn.go.id

“Melalui berbagai upaya yang dilakukan, BKKBN memberikan kontribusi terhadap upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia agar menjadi modal pembangunan yang memiliki daya saing dalam menghadapi bonus demografi serta menghadapi tatanan hidup baru akibat pandemi Covid-19, bukan sebaliknya malah menjadi beban pembangunan, ” sampainya.

Namun pentingnya Keluarga Berencana sangat mempengaruhi kualitas sumber daya manusia dan kehidupan ekonomi sebuah keluarga.” Oleh karenanya program BKKBN menjadi hal yang penting diperhatikan oleh keluarga dalam upaya mencapai keluarga yang berkualitas di kemudian harinya,” kata Wahid.

“Kalau kita lihat, ada keluarga yang sukses, dan ada keluarga yang belum beruntung, semua itu ada hubungannya dengan pembinaan keluarga di masa-masa sebelumnya,” tambahnya.

Di kesempatan tersebut Bupati Wahid tidak bosannya mengingatkan, seluruh masyarakat dan keluarga di HSU agar tetap waspada dengan Covid-19, rutin mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak saat berkomunikasi, menggunakan masker, dan tetap berada dirumah kecuali ada keperluan yang mendesak.

Di akhir kegiatan, dilaksanakan pemotongan tumpeng sebagai simbolis peringatan Harganas ke-27 di Kabupaten Hulu Sungai Utara, dan pembagian hadiah lomba dan sembako bagi akseptor KB Kabupaten HSU, serta secara langsung Bupati HSU memantau proses pelayanan kontrasepsi yang dilaksanakan di Puskesmas Sungai Karias dan Puskesmas Sungai Malang.

Peninjauan didampingi oleh Wakil Bupati HSU, Ketua dan Wakil Ketua TP.PKK HSU, Ketua DPRD HSU, Sekretaris Daerah, Ketua DWP, Danramil dan Kepala Dinas Kesehatan HSU.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis:adiyat
Editor:wandi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *