Bupati Kotabaru ikut Panen Raya Padi bersama Masyarakat

  • Whatsapp
Kegiatan panen raya padi sawah di Desa Sungai Pasir, Kecamatan Pulau Laut Tengah, Selasa (30/6).

Kotabaru, kalselpos.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Pertanian setempat melaksanakan panen raya padi sawah di Desa Sungai Pasir, Kecamatan Pulau Laut Tengah, Selasa (30/6).


Panen raya padi sawah ini dihadiri langsung oleh Bupati H Sayed Jafar Al-Idrus SH bersama dengan Forkopimda, Ketua DPRD Kotabaru, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terkait, Camat, Kepala Desa serta anggota Kelompok Tani Bintang Gejora.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Bupati H Sayed mengatakan, pertanian merupakan salah satu program dari pemerintah pusat termasuk juga dalam visi misi agrobisnis dan pariwisata.

Kegiatan panen raya ini untuk mendukung ketersediaan pangan dalam menghadapi pandemi covid-19 serta meningkatkan mutu intensifikasi agrobisnis padi sawah seluas 100 hektare di Kotabaru.

“Menjadi harapan kita bersama semoga hasil panen padi ini dapat terus meningkat setiap tahunnya, sehingga di Kotabaru bisa menjadi daerah swasembada pangan,” ungkap Bupati.

Kepala Dinas Pertanian Ir Hairuddin juga menyampaikan, luas lahan tanam padi ini 25 hektare menghasilkan 6,7 ton per hektare gabah kering.

“Ini ada peningkatan dari sebelumnya yang hanya mampu menghasilkan 3 sampai 4 ton saja per hektar,” jelasnya.

Kegiatan intensifikasi agrobisnis padi sawah seluas 100 hektar akan dibagi di empat kecamatan yang berbeda yaitu Kecamatan Pulau Laut Tengah seluas 25 hektar yang berada di Desa Sungai Pasir, Kecamatan Pulau Laut Timur juga 25 hektar di Desa Teluk Masjid, Kecamatan Pamukan Selatan 25 hektar lokasinya di Desa Pudi serta Kecamatan Pamukan Barat juga 25 hektar di Desa Bakau.

“Hasil ini akan terus kita tingkatkan dan jangan pernah merasa puas, sehingga perekonomian masyarakat dapat meningkat,” harapnya.

Acara diakhiri dengan penyerahkan bantuan yaitu alat pertanian serta bantuan kemasan beras kepada Kelompok Tani Bintang Kejora Desa Sungai Pasir.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Muliana/rel
Editor : Aspihan Zain

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *