50 ribu petani Kalsel terdampak Covid-19

  • Whatsapp
Syamsir Rahman, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalsel. (Anas Aliando)

Banjarbaru, kalselpos.com– Pandemi Covid-19 membawa dampak pada semua sektor. Salah satunya yang merasakan dampak itu adalah sektor pertanian.

“Petani di Kalimantan Selatan yang terdampak langsung Covid-19 sebanyak 50 ribu orang,” ungkap Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Syamsir Rahman kepada kalselpos.com, Selasa (30/6/2020).

Bacaan Lainnya

Disebutkannya,  50 ribu petani yang terdampak langsung Covid-19 di 13 kabupaten/kota se Kalsel itu terbagi dalam dua kelompok. Pertama, buruh tani. Untuk buruh tani ini yang terdampak sebanyak 9 ribu orang.

Kemudian yang kedua kelompok petani penggarap dengan jumlah terdampak sebanyak 41 ribu orang.

“Semua data petani yang terdampak langsung Covid-19 sudah masuk. Kami akan upayakan membantu mereka dengan anggaran yang diambil dari dana Covid, bantuan yang akan diberikan berupa sembako,” bebernya.

Menurut Syamsir,  kesehatan petani sangat penting untuk diperhatikan, sebab kalau petani di desa sudah terpapar Covid-19, maka siapa lagi yang akan menanam.

“Tentu akibatnya akan sangat fatal. Tidak lagi wabah Corona namanya, tapi sudah menjadi wabah sosial,” cetusnya.

Syamsir menegaskan, pihaknya kini fokus mengupayakan bagaimana Covid-19 tidak sampai “menyerang” petani di desa-desa.

Meskipun secara alami, lanjut Syamsir,  petani sudah teruji dengan daya tahan tubuhnya,  namun pihaknya  terus menghimbau kepada petani untuk menjalankan protokol kesehatan Covid ketika turun ke sawah.

“Daya tahan petani memang terjaga secara alami, menanam sudah berjemur, namun mereka tetap patuh dengan himbauan kami untuk pakai masker, jaga jarak saat menanam padi dan juga selalu mencuci tangan pakai sabun,” tandasnya.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *