Andalkan Ketahanan Pangan Menyongsong Proklim Lestari

Kepala Desa Batulicin Irigasi, Supryadi,S.P

Batulicin, kalselpos.com – Desa Batulicin irigasi yang berada di Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan memiliki potensi desa berupa ketahanan pangan yang mumpuni.

Desa yang awalnya merupakan Desa transmigrasi di tahun 1990 ini mempunyai jumlah penduduk sebanyak 1.505 jiwa.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Batulicin Irigasi, Supriyadi,S.P menceritakan, awalnya desa ini hanya tergolong desa yang tertinggal, karna perekonomian masyarakatnya pada waktu itu jauh dari kata sejahtera.

Kondisi tersebut dilatarbelakangi oleh keberadaan desa yang bersebelahan dengan sungai ini kerap dilanda banjir hingga mengakibatkan pertanian dan perkebunan yang menjadi penyangga andalan masyarakat setempat rusak.

“Hingga diawal tahun 2011 penduduk setempat berinovasi membangun kanal-kanal dan embung sebagai resapan air guna meminimalisir dampak dari banjir,” ungkap Kepala Desa yang dikenal sebagai sosok ramah itu.

Selain itu, pembuatan saluran-saluran air tersebut juga dilakukan untuk melakukan penghijauan terhadap lingkungan sekitar. “Melalui penanaman pohon bahkan masyarakat setempat wajib memiliki tanaman di pekarangan rumah demi keasrian kampung ini,” jelasnya.

Menurutnya, Mitigasi ini merupakan wujud nyata dari penerapan program Kampung Iklim (Program Kementereian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI) yang dapat membawa perubahan pada suatu daerah kearah yang positif.

“Kini desa ini telah bermetamorfosis menjadi kampung yang hijau dan asri serta memiliki ketahanan pangan yang dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakatnya,” sebut Supriyadi.

Sebagaimana dengan kondisi saat ini, hantaman dampak dari pandemi Covid-19 ditengah masyarakat tidak memberikan pengaruh yang buruk terhadap perekonomian desa Batulicin Irigasi, bahkan terjadi peningkatan seperti di sektor usaha jamu tradisional.

“Dengan adanya penerapan program Kampung Iklim, masyarakat desa mampu beradaptasi dengan kondisi saat ini, dan dapat menggali potensinya hingga dapat meningkatkan kesejahteraan bagi keluarganya,” ungkap tukasnya.

Selain itu, Supriyadi saat ini juga berbenah untuk meningkatkan status desa yang sebelumnya telah meraih predikat Proklim Utama menjadi Proklim Lestari dimana kelestarian lingkungan tetap berkesinambungan serta kesejahteraan masyarakatnya terus meningkat.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Zakiri

Pos terkait