Pemprov Kalsel akan berikan bantuan 100 juta kepada Petani

  • Whatsapp
Ilustrasi

Banjarbaru, kalselpos.com – Untuk merangsang semangat petani di Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam melaksanakan pemenuhan cadangan pangan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel berencana akan memberikan bantuan anggaran melalui APBD yang telah disediakan.

“Pemerintah Provinsi akan memberikan bantuan kepada petani sebesar Rp100 juta. Ini  bertujuan agar semangat petani bisa lebih maksimal dalam berkontribusi untuk terus meningkatkan ketersediaan cadangan pangan di wilayah Kalimantan Selatan,” ujar Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Kalsel, Gusti Samsir Alam, belum lama tadi.

Bacaan Lainnya

Disampaikannya, khusus untuk hasil cadangan pangan yang ditargetkan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia tetap harus terpenuhi, meskipun anggaran yang telah disediakan Pemerintah dipastikan turun untuk  petani.

“Targetnya harus memenuhi sekitar 60 ton per tahun. Tujuannya agar cadangan pangan tetap terpenuhi,” jelas Samsir.

Anggaran bantuan sebesar Rp100 juta itu, lanjutnya,  juga akan dialokasikan untuk upah petani dalam melaksanakan tugasnya sebagai pelaksana teknis dalam memenuhi ketersediaan cadangan pangan khusus di wilayah Provinsi Kalsel.

“Anggaran bantuan dana Rp100 juta itu, selain keperluan lain juga dialokasikan untuk upah kepada petani seperti memetik, menyortir dan mengangkut hasil pangan,” ungkapnya.

Meski demikian, ia mengharapkan dengan adanya bantuan dana dari pemerintah dapat menjadi penyemangat petani di wilayah Kalsel agar lebih giat lagi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai penyambung hidup dalam memenuhi kebutuhan di kalangan masyarakat secara luas.

“Harapan kita dengan adanya anggaran tersebut, bisa merangsang para petani agar tetap semangat menjalankan tugasnya,  supaya cadangan pangan di Kalsel tetap terus terpenuhi secara berkelanjutan,” tandasnya.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.