BPBD bersama Polsek Pulau Laut Timur bersihkan sisa Material Longsor

  • Whatsapp
Pembersihan material longsor seperti batu dan lainnya, yang menutupi badan jalan Berangas KM 21 Desa Teluk Masjid RT 03.

Kotabaru, kalselpos.com – Pelaksana tugas kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotabaru H.Rusian Ahmadi Jaya, melakukan pantauan langsung pengerjaan pembersihan material batu yang menutupi badan Jalan Berangas KM 21 Desa Teluk Masjid RT 03.

 

Bacaan Lainnya

Satu alat berat Exavator diterjunkan PUPR melalui BPBD Kotabaru guna proses pengerukan untuk membuat tanggul kecil agar material batu tidak kembali menutupi badan Jalan Raya.

Dalam keterangannya H.Jaya kerap disapa demikian, pada kalselpos.com Minggu (21/06/20) menerangkan, pihaknya hanya sebatas melakukan pembersihan dan penanggulangan saja.

“Selanjutnya untuk lebih detail apa upaya dan langkah yang akan diambil semua ada pada pihak PUPR,” tegasnya.

Kapolsek Pulau Laut Timur IPDA Kuwat Santoso, yang berada dilokasi sebelumnya sudah melakukan pembersihan material batu bercampur tanah dibantu Babinsa Kades dan warga.

Kejadian ini terjadi sehari sebelumnya saat hujan turun mengguyur deras wilayah tersebut,akibatnya dua desa tertutupi material tanah dan batu.

“Satu lokasi sudah di sterilkan tadi malam hingga pukul 24.00 WITA,dan hari ini BPBD bersama PUPR membersihkan material batu sekaligus membuatkan tanggul penghalang guna mengurangi material yang berhamburan kembali jika terjadi hujan deras,” terang Kapolsek.

“Kami dibantu Babinsa, kepala desa juga warga bergotong royong dengan alat seadanya,guna membersihkan material batu dan tanah tersebut,” sambungnya dilokasi.

Satu tahun sudah berlalu, proses antisipasi akan gugurnya material batu dan tanah, baru terealisasi hari ini.

“Kurang lebih sepanjang 20 meter akan ditanggul dan mengolahkan saluran kecil antisipasi agar air cepat mengalir,” tukas Kapolsek.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Desa Teluk Masjid pada pewarta saat berada dilokasi pembersihan material batu juga tanah yang berhamburan ke aspal dibantu warga dan jajaran Polsek serta Babinsa sebelum alat Exavator datang.

Menurunkan satu unit mobil tangki air dan satu unit mobil air memakai tandon guna membersihkan dengan melakukan penyemprotan.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Ardiansyah
Editor : Aspihan Zain

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.