Tim KIE Dishut Kalsel Lakukan Giat di Bumi Sanggam

Tim KIE Dishut Kalsel mengadakan pertemuan dengan Bupati Balangan, Ansharudin. (Ist)

Banjarbaru,kalselpos.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel) menugaskan tim Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalsel untuk secara masif melakukan KIE terkait percepatan penanganan Covid-19 kepada masyarakat di Kabupaten Balangan guna memukul mundur pandemi yang sampai saat ini masih menjadi momok menakutkan bagi warga.

 

Bacaan Lainnya
Salahsatu anggota Tim KIE Dishut Kalsel menempel stiker anjuran protokol kesehatan Covid-19 di dinding rumah warga.(ist)

Ini merupakan instruksi langsung Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor melalui wakil ketua harian gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq untuk melakukan KIE ke seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kalsel, tim KIE Dishut Kalsel yang di dampingi oleh tim KPH Balangan segera mengambil langkah di Balangan untuk melakukan sosialisasi, bukan hanya sekedar melakukan KIE pada gugus tugas Kabupaten namun juga dibarengi dengan giat langsung di beberapa desa terutama posko-posko Covid-19. 

Ansharudin, Bupati Balangan yang menerima tim gugus tugas KIE Dishut Kalsel di kantor Pemda Balangan mengatakan ia sangat berterimakasih atas dukungan dari tim gugus tugas Provinsi Kalsel guna memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di Balangan. Ia juga menyampaikan baru saja selesai menghadiri acara pembentukan Kampung Tangguh Banua di dua Desa yang meliputi Desa Inan Kecamatan Paringin Selatan dan Desa Balida Kecamatan Paringin, Kamis (18/6).

“Kami berharap agar Desa Tangguh Banua segera terbentuk di semua desa yang ada di Balangan seperti Desa Inan dan Balida” Tandasnya.

Sekda Kabupaten Balangan menambahkan, Pemda Balangan sangat mendukung upaya percepatan penanganan Covid-19 yang dilakukan tim KIE Dishut Kalsel, ia juga akan segera membentuk tim KIE di Kabupaten Balangan sehingga bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan tim KIE dari gugus tugas Covid-19 provinsi.

“Ini sangat efektif dalam percepatan penanganan Covid-19 karena bersentuhan langsung dengan kesadaran masyarakat,” cetusnya.

Pada hari yang sama, tim KIE Dishut Kalsel langsung mengunjungi Desa Tangguh Banua di Desa Inan untuk melakukan pendataan langsung terkait penanganan dan pencegahan Covid-19, dilanjutkan dengan giat yang sama di desa tetangga Inan, tepatnya di kantor Desa Panggung.

“Pada dua desa tersebut kami mendata dan mengajukan beberapa pertanyaan kepada Kades dan aparat desa setempat terkait penanganan dan pencegahan apa saja yang sudah berjalan, selain itu kendala yang terjadi di lapangan juga tak luput dari pendataan kami sehingga nanti dapat segera kami tindak lanjuti” Ucap Supiani, salah satu tim gugus tugas KIE Dishut Kalsel.

Di dua desa tersebut tim KIE Dishut Kalsel dan KPH Balangan berserta aparat desa setempat bersama-sama melakukan pemasangan spanduk dan poster himbauan dari Gubernur Kalsel,  yang berisi ajakan kepada seluruh warga banua agar selalu menerapkan pola hidup sehat.

Kepala Dishut Provinsi Kalsel, Dr. Hanif Faisol Nurofiq yang saat ini juga dipercaya sebagai wakil ketua harian Gugus Tugas Penanganan Covid
-19 Provinsi Kalsel melalui sambungan telepon mengatakan, Dishut Provinsi Kalsel akan melaksanakan tugas yang telah dibebankan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggungjawab, agar Covid-19 ini bisa segera tertangani.

Selepas melaksanakan lawatan ke dua desa yang berada di Kecamatan Paringin Selatan, tim KIE Dishut Kalsel melanjutkan giat penyuluhan kepada masyarakat di sepanjang jalan desa Inan, Panggung dan Muara Pitap dengan menggunakan pengeras suara guna menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan agar pandemi ini segara berlalu.

 

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE

Pos terkait