Minim APD dinilai faktor Tenaga Medis Terpapar Virus Corona

Anggota DPRD Kotabaru, Rabbiansyah

Kotabaru, kalselpos.com – Dari puluhan masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 khususnya di Kabupaten Kotabaru, ternyata tenaga kesehatan (Nakes) juga ikut terkena serangan Corona.

Oleh karenanya, dengan banyaknya pejuang kesehatan untuk memberikan pelayanan bagi penanganan Covid-19. Hal tersebut menjadi perhatian salah satu anggota DPRD Kotabaru yakni Rabbiansyah atau yang akrab disapa Roby.

Bacaan Lainnya

“Kita melihat dengan banyaknya Nakes yang terpapar Covid-19, karena faktor kurangnya Alat Pelindung Diri (APD) yang di terima oleh teman-teman tenaga kesehatan dilapangan sehingga mudah terpapar karena harus bersentuhan langsung dengan warga,” kata Roby.

Ia meminta agar para petugas kesehatan yang menjalankan tugasnya di lapangan yang ada di seluruh Puskesmas maupun Puskesmas Pembantu mesti wajib disediakan fasilitas APD agar mampu memproteksi diri dalam menghadapi situasi pandemi sekarang.

“Wajib bagi Dinas Kesehatan untuk mengirimkan APD kepada petugas-petugas kita dilapangan, jangan sampai hanya karena hal itu mereka tumbang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat kita,” harapnya.

Menurutnya, siapa lagi yang akan merawat jika tenaga kesehatan yang ada dibiarkan perang namun hanya dibekali bambu runcing tanpa senjata dan pelindung diri.

“Ini merupakan atensi kepada gugus tugas untuk dievaluasi, karena kalau saya lihat Puskesmas yang ada di pelosok juga tetap melayani masyarakat tanpa APD. Untuk itu wajib dipikirkan, mereka juga punya keluarga, mereka punya anak-anak yang juga belum tentu memiliki imun yang sama jika orang tua mereka terpapar Covid-19,” tutupnya.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Fauzi
Editor : Aspihan Zain

Pos terkait