Belasan Tahanan Jalani Rapid Test, Satu Orang Reaktif

  • Whatsapp
Rapid test atau tes cepat yang dilakukan kepada 18 tahanan yang sudah dinyatakan incraht (ist)

Banjarmasin, kalselpos.com – Sebanyak 18 orang tahanan Polresta Banjarmasin yang sudah dinyatakan incraht tampak mengantre secara tertib untuk menjalanani pemeriksaan rapid test atau tes cepat yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Kota Banjarmasin, Jumat (19/6/2020) siang.

Kepala Seksi Tindak Pidana Umum, Kejaksaan Negeri Kota Banjarmasin, Denny Wicaksono mengatakan, pemeriksaan tersebut dilakukan berdasarkan surat instruksi dari Plt Kalapas Banjarmasin beberapa hari yang lalu.

Bacaan Lainnya

“Tidak semua tahanan bisa menjalani rapid test, hanya tahanan yang sudah berkompeten dan memenuhi syarat yang bisa menjalaninya,” ucapnya di sela kegiatan pemeriksaan yang berlangsung di rumah tahanan Polresta Banjarmasin, Jalan A Yani Km 3,5 Kota Banjarmasin.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin agar bisa memfasilitasi proses pemeriksaan tahap awal dalam pendeteksian gejala COVID-19 atau virus Corona tersebut.

Para tahanan yang dilakukan rapid test tersebut berasal dari Polresta Banjarmasin, Polsekta Banjarmasin Barat, Polsekta Banjarmasin Selatan, Polsek KPL serta Tahanan dari Polsekta Banjarmasin Timur.

Kemudian ia membeberkan, dari hasil rapid test 18 tahanan tersebut, terdapat satu orang tahanan yang hasilnya dinyatakan reaktif.

“Untuk satu yang reaktif ini akan kita segera kita tindaklanjuti dengan pemeriksaan swab test. Tentunya bertujuan agar bisa memastikan yang bersangkutan kena Corona atau tidak,” ujarnya.

Menurutnya, selain untuk mengetahui kondisi tahanan, pemeriksaan tersebut juga bertujuan untuk tahanan yang sudah incraht supaya bisa dieksekusi ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II Banjarmasin untuk memenuhi hak-hak dari terpidana.

Selama pelaksanaan rapid test, dalam penjagaan ketat oleh anggota Polresta Banjarmasin. Secara bergantian, petugas Kesehatan Kota Banjarmasin melakukan rapid test kepada setiap tahanan.

 

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Hafidz
Editor : Zakiri

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.