Cerita Yandi Pratama, Sukses Datangkan Rocker Ternama ke Banjarmasin

BERSAMA AHMAD DANI - Yandi Pratama saat bersama musisi Ahmad Dhani, Dewa 19 (ist)

Banjarmasin, kalselpos.com – Warga Banua pecinta maupun penikmat musik rock, khususnya mereka yang rindu akan sajian musik era 80 dan 90 an, tentu masih ingat penampilan dua grup rock legendaris Elpamas dan Grass Rock ketika mengguncang panggung di Klub 89 Banjarmasin pada tahun 2018 yang lalu.

Adapula aksi lady rocker, Nicky Astria yang menjadi bintang utama Festival Musik Rock di panggung Taman Budaya Kalsel di Banjarmasin pada tahun yang sama. Kerinduan musisi ataupun pecinta musik rock Banua akan penampilan pelantun tembang ‘Jarum Neraka’ dan ‘Tangan – tangan Setan’ yang pernah manggung pada tahun 80 an dan 90 an, itu terobati dengan aksi sang lady rocker legendaris itu dengan penampilan yang prima.

Bacaan Lainnya

Mungkin banyak warga Banua yang tidak tahu siapa sosok di balik kesuksesan acara yang sangat dinanti para pecinta musik rock Banua itu? Adalah seseorang bernama Yandi Pratama SH MH, yang berhasil menjadi promotor, hingga mampu memboyong grup dan penyanyi rock papan atas itu, untuk tampil di Banjarmasin, ajang itu pula sekaligus menjawab kerinduan para fans di Kota Seribu Sungai itu.

Sosok anak muda bersahaja ini mungkin bagi musisi rock Banjarmasin di era 2000 an tentu tak asing lagi. Ya sebelum hijrah ke Jakarta, pria kelahiran Banjarmasin 21 Januari 1988 silam itu dikenal sebagai drummer Sandal Jepit, sebuah grup rock yang sering menjuarai festival musik beraliran keras pada era 2000 an di Kalsel. Dan pada Rabu (17/6) siang, Yandi Pratama yang kebetulan sedang pulang kampung ke Banjarmasin, menyempatkan diri bertemu dengan wartawan dan menceritakan kiat dan pengalaman eksisnya, baik dalam pekerjaan maupun menyalurkan hobinya menggebuk ‘beduk Inggris’ itu.
Muncul sejumlah pertanyaan seperti, sejak kapan mulai menekuni musik? Yandi Pratama mengaku menyukai musik sejak SMP dan saat itu dirinya begitu menyukai grup Dewa 19, Grass Rock dan GIGI. “Selain sosok Ahmad Dhani yang menurut saya musisi jenius, saya juga menyukai permainan drum dari Rere (Grass Rock) kemudian drummer asli Banua , Gusti Hendi (GIGI), ” ujarnya.

Tak mau munafik, suami Liandini Pangastuti atau yang akrab disapa Andin, penyanyi jebolan Indonesian Idol 2007, itu mengakui juga menyukai grup musik mancanegara Queen dan U2 serta Rush.
Sebelum memboyong Elpamas dan Grass Rock serta mendatangkan Lady Rocker Nicky Astria ke Banjarmasin pada tahun 2018, Yandi Pratama tahun sebelumnya memboyong grup musik SevenYear Laters bermain di Hotel Golden Tulip Banjarmasin.

Kenapa harus SevenYear Laters?, Yandi Pratama mengaku, kebetulan saat wara wiri di kafe ataupun pub di Jakarta, dirinya cukup dekat dengan Doddy Katamsi, vokalis grup itu yang juga kebetulan mantan vokalis Elpamas.

Selain itu, di SevenYear Laters juga bercokol bassis Roxx, Toni Monot. “Saya sering melihat mereka memainkan musik rock klasik dan saya tertarik membawa mereka manggung ke Banjarmasin, anggap saja ‘pemanasan’ saat itu,” ucap musisi sekaliugus promotor muda bertalenta ini.

Diketahui pada akun Instagramnya, Yandi Pratama dikenal memiliki kedekatan dengan beberapa musisi papan atas atau tokoh politik atau nasional. Adapun soal kiat masuk dalam pergaulan para tokoh nasional dan selebritis? “Ya, banyak-banyak lah mendengarkan, sembari belajar memahami orang lain. Pendengar yang baik itu, jauh berkualitas dan berpengetahuan daripada mereka yang ingin didengarkan, selain tetap harus rendah hati,” sebutnya.

Seperti diketahui di masa pandemi Covid-19, ini hampir semua sektor ekonomi terkena dampak. Bagaimana menyikapi krisis ini khususnya terkait pekerjaan? “Ya, berpikir positif dan tetap kreatif, sekaligus tetap mengikuti anjuran pemerintah, salah satu kunci untuk bisa bertahan dari badai krisis ini,” ungkapnya.

“Kreatifitas harus tetap jalan, dan untuk teman – teman musisi di Banua, jangan menyerah tetap bangkit dan berkarya di tengah pandemik ini. Semuanya, pasti ada jalan,” tambahnya.

 

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : SA Lingga
Editor : Zakiri

Pos terkait