Tetap Belajar di Rumah Sambil Menunggu Zona Hijau

Aktivitas siswa di salah satu Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kota Banjarmasin

Banjarmasin, kalselpos.com – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin berencana akan kembali menambah masa belajar di rumah bagi siswa sekolah tingkat Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) SD (Sekolah Dasar) hingga SMP (Sekolah Menengah Pertama) yang berada di bawah naungan Disdik Kota Banjarmasin

 

Bacaan Lainnya
Walikota Banjarmasin Ibnu Sina

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, pengambilan keputusan tersebut sudah sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Makariem yang tidak memperbolehkan adanya aktivitas di sekolah jika wilayah tersebut masih termasuk dalam zona merah.

“Dari Pak Menteri sudah jelas, kalau status dari suatu daerah itu masih zona merah maka tidak boleh ada aktivitas belajar di sekolah,” ucap Ibnu Sina pada Selasa (16/06/2020) kemarin.

Menurutnya, apa yang disampaikan oleh Mendikbud itu sudah bisa menjadi acuan bagi Pemko Banjarmasin sendiri dalam mengambil sikap untuk menyikapi bagaimana menghadapi tahun ajaran baru bagi peserta didik.

“Sepeti kita ketahui, wilayah Banjarmasin sudah seluruhnya menjadi zona merah akibat penyebaran COVID-19 ini. Sehingga Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin juga akan mengikuti apa yang sudah diputuskan oleh Pak Menteri,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kota dengan julukan Bumi Kayuh Baimbai itu memprediksi, dalam satu (1) semester ke depan, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bagi peserta didik di setiap sekolah yang ada di Banjarmasin tetap dilakukan dengan cara belajar di rumah.

Pasalnya, pihaknya tidak ingin mengambil resiko yang bisa membahayakan keselamatan dari para generasi penerus bangsa jika aktivitas sekolah dipaksakan untuk buka secara normal kembali dimasa pandemi COVID-19 seperti saat ini.

“Kita tidak ingin ada peserta didik kita yang jadi korban. Entah saat dia beraktivitas di sekolah atau saat diperjalanan menju sekolah, tidak ada yang menjamin keselamatannya,” ungkap H Ibnu Sina.

Sehingga, mantan anggota DPRD Provinsi Kalsel itu lebih sepakat untuk memperpanjang masa belajar di rumah. “Dengan ditiadakannya aktivitas belajar di sekolah, keselamatan dari anak didik kita akan lebih terawasi oleh orangtuanya,” tambahnya.

Disamping itu, Ibnu menjelaskan, jika terjadi pelandaian kasus hingga menjadikan wilayah tersebut zona hijau, maka sekolah yang ada wilayah tersebut akan dipersiapkan untuk buka secara perlahan.

“Jika kasus sudah mulai melandai dan jadi zona hijau, sekolah disana akan kita persiapkan untuk bisa beraktivitas normal kembali. Tapi tentunya dengan menjalanankan peraturan yang ketat sepeti yang sudah ditetapkan oleh Mendikbud,” pungkasnya.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Zakiri

Pos terkait