DP3A Tapin Siapkan Raih Anugerah Parahita Ekakarya

Bimbingan teknis Pengarustamaan Gender diikuti semua OPD Lingkungan Pemkab Tapin.(ist)

Rantau, kalselpos.com – Dinas pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Kabupaten Tapin melakukan bimbingan teknis (Bimtek) dalam rangka optimalisasi pengutamaan gender (PUG) sekaligus mendukung pemerintah Kabupaten Tapin meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekakarya (APE) Tingkat Nasional.

Kegiatan dikuti sejumlah organisasi perangkat daerah tapin, pemerintah Kecamatan dan LSM dan dunia usaha, namun saat ini masih dalam suasana pandemi covid 19 maka pertemuan bimtek dilakulan secara bertahap karena.masih dilarang mengumpulkan orang banyak.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas P3A Tapin Hj Lailian Noor S.Sos MM menjelaskan bimbingan teknis ini sebagai sebagai upaya terhadap merealisasikan komitemen Pemerintah daerah terhadap pelaksanaan Pengarustamaan Gender (PUG) sekaligus mendukung Kabuoaten Tapin untuk mendapatkan sebuah anugerah Paharita Ekakarya (APE) tingkat nasional.

Sebelum dilakukan penilaian pihakanya kembali melakukan bimtek melibatkan SOPD Lingkup Tapin, kecamatan, desa, LSM dan dunia usaha evaluasi terhadap Program PUG sekaligus dalam penganggaran di masing-masing dan pelaksanaannya.

Menurut Hj Lili memang pada dasarnya tidak masalah di saat pandemi covid 19, karena laprannya data dibuat secara online dan langsung dilaporkan ke Kementrian PPA. Dan sebelumnya nya pemerintah pusat sudah melakukan dan datanag ketemoat kita melalukan pwmbinaan dan evalusi.

“Pertemuan ini hanya memantapkan apa yang masih kurang di perbaiki dan ditingkatkan, “terangnya.

Disamping itu juga meningkatkan keterampilan para perencana disetiap organisasi perangkat daerah dalam memasukkan program PUG dalam teknik penyusunan dukumen PPRG.

Sementara untuk di desa sudah dipilih Desa Budi Mulya Kecamatan Lokpaikat dalam penyusunan RPJM Des memasukkan program PUG tinggal penilian nantinya.

“Dengan didukung pemerintah desa dalam menjalankan PUG tentunya menjadi nilai tambah dalam mendukung pelaksanaan PUG sesuai apa yang di sarankan pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian P3A.”katanya.

Untuk diketahui bahwa Kabupaten Tapin adalah ke 3 se Indonesia diberi kepercayaan untuk mewakili satu desa penggaran responsef gender hal ini upaya mendukung mendapatkan anugrah parahita ekakarya.

Mudah-mudahan semua yang ikut serta bimtek dapat memahami dalam menjalankan program PUG dan Anugerah APE dapat diraih.

 

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis:dillah
Editor:wandi

Pos terkait