Jenuh Dikarantina, Dinkes Putarkan Ceramah Agama

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi (dok)

BANJARMASIN,Kalselpos.com – Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin memberikan fasilitas dalam bentuk ceramah agama secara online bagi warga yang dinyatakan positif dan Pasien Dalam Pemgawasan (PDP) saat melakukan karantina diri di rumah karantina.

Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTP2) Covid-19 Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan, ceramah agama tersebut diberikan agar mereka tidak merasa jenuh dan masih bisa menerima siraman rohani dari seorang ustadz.

Bacaan Lainnya

kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin itu menjelaskan, ceramah agama yang diisi oleh dr Karyono Ibnu Ahmad itu direkam dan diperlihatkan setiap harinya dengan durasi 15 menit disetiap rangan secara berbarengan.

“Isi ceramah agama ini berganti setiap harinya untuk membangun ketahanan biologis dan psikososial bagi pasien di rumah karantina menjalani masa inkubasi virus selama 14 hari,” ucapnya pada awak media, Sabtu (6/6/2020) siang.

Menurutnya, selain untuk memberi semangat hidup, ceramah tersebut juga diharapkannya bisa menghilangkan rasa jenuh akibat menjalani karantina.

 

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

 

Selain itu, Jubir dengan sapaan Machli itu menyebut pasien positif maupun PDP juga rutin melaksanakan olahraga dihalaman sekita rumah karantina.

“Setiap hari nya pasien ini kami anjurkan untuk berjemur setiap harinya, dan kita menyediakan ceramah agama secara online,” ujarnya.

Ia berharap, dengan diberikannya ceramah agama dan olahraga secara rutin tersebut bisa membuat seluruh warga yang tengah menjalani isolasi bisa kembali sehat seperti sedia kala.

“Bagi warga yang masih sehat, mari kita kesehatan dengan sebaik mungkin seperti makan makanan yang bisa menambah daya tahan atau imun tubuh serta disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah,” pungkasnya.

Penulis : Fudael
Editor : Zakiri
Penanggungjawab : SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait