Masjid Jami Banjarmasin Dipadati Ribuan Jemaah

  • Whatsapp
Pelaksanaan Shalat Jumat di Mesjid Jami Sungai Jingah dengan menerapkan protokol kesehatan (fad)

BANJARMASIN,Kalselpos.com – Pelaksanaan shalat jumat di Masjid Jami Sungai Jingah berjalan khusyuk meski dengan aturan baru, yaitu menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah guna mencegah paparan virus Corona atau Covid-19 di tempat ibadah.

 

Bacaan Lainnya

Dalam pantauan Kalselpos.com di lokasi, ribuan jemaah memadati ruang utama hingga ke halaman dari masjid yang berlokasi di Kelurahan Surgi Mufti, Kecamatan Banjarmasin Utara tersebut untuk menjalankan ibadah Shalat Jumat.

Menurut salah satu pengurus dari masjid tersebut, H Radiansyah mengatakan, diizinkannya pelaksanaan shalat jumat tersebut lantaran pihaknya sudah memenuhi persyaratan dari pemerintah diantaranya tidak memakai karpet sebagai sejadah bersama, menyediakan sabun untuk mencuci tangan dan melakulan screening di pintu masuk halaman masjid.

“Jemaah yang sholat juga diwajibkan untuk mengenakan masker, dan membawa sajadah sendiri untuk digunakan dalam pelaksanaan shalat berjamaah,” ucapnya pada awak media, Jumat (2/6/2020) siang.

Ia mengaku sngat bersyukur atas izin yang diberikan pemerintah untuk menggelar Shalat Jumat berjamaah secara terbuka.

“Untuk shaf shalatnya sendiri juga sudah kita batasi jaraknya, khutbahnya dan pelaksanaan shalatnya pun juga sebentar, hanya memakai surah pendek saja. Ini dilakukan untuk meminimalisir terjadi penularan virus Corona saat pelaksanaan ibadah di masjid,” pungkasnya.

 

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

 

Sementara itu salah satu jemaah Shalat Jumat, Fahmi mengakui bahwa dirinya masih ada rasa takut dalam menjalankan ibadah dalam pelaksanaan shalat berjamaah yang pertamakali digelar sejak ditemukannya kasus Covid-19 di Banjarmasin itu.

“Ya tentu masih ada rasa takut. Karena kita khawatir terjadi penularan di tempat ibadah ini,” ujarnya.

Kendati demikian, pria yang merupakan salah satu pengusaha di Kota Banjarmasin itu tetap ikut merasa senang dengan dibukanya kembali aktivitas masjid. Walaupun dengn beberapa catatan yang harus dipenuhi lebih dulu oleh jemaah.

“Asalkan jemaahnya disiplin dan petugasnya selalu proaktif dalam melakukan pengawasan protokol kesehatan, insyaa Allah resiko penularan bisa ditekan,” tandasnya.

Penulis : Zakiri
Penanggungjawab : SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *