291 JCH HSS Gagal Berangkat

  • Whatsapp
KEPALA KEMENAG- Kepala Kementerian Agama Kabupaten HSS, Saribuddin.(Sofan)

KANDANGAN,Kalselpos.com  – Sebanyak 291 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Hulu Sungai Selatan (HSS) tahun ini batal berangkat ke tanah suci Mekkah.

“JCH batal berangkat ke tanah suci Mekkah, karena Arab Saudi tidak membuka layanan haji, karena pandemi Covid-19,” ujar Kepala Kementerian Agama Kabupaten HSS, Saribuddin, Jumat (5/6).

Menurutnya, pembatalan keberangkatan JCH sudah diumumkan langsung oleh Menteri Agama pada 2 Juni 2020 tadi melalui televisi dan sudah diketahui oleh masyarakat.

“Pemberitahuan pembatakan tersebut, juga sudah kami sampaikan kepada JCH  melalui group WA, dan alhamdulillah mereka memaklumi dimasa pendemi Covid-19 ini,” ujarnya.

‎Ia mengatakan, JCH yang sudah melunasi setoran uangnya sekitar Rp 12 juta sudah dikembalikan ke rekening masing-masing dan bisa diambil.

 

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

 

“Uang setoran penulunasan sudah kami kembalikan dan bisa diambil di rekening masing-masing,” ujanya.

Menurutnya, sesuai dengan jadwal keberangkat, JCH akan diberangkatkan pada 26 Juni mendatang, namun gagal berangkat akibat pademi Covid-19, sehingga Arab Saudi tidak membuka layanan.

“Meski Arab Saudi membuka layanan juga‎, kita tidak bisa melaksanakan, karena ada aturan standar Covid-19 yang mengharuskan ada karantina selama 14 hari,” ujarnya.

Gazali, JCH asal HSS, mengatakan memaklumi keputusan pihak Arab Saudi yang tidak membuka layanan haji yang disampaikan oleh Menteri Agama RI. “Kami memaklumi keputusan itu, demi menjaga keselamatan JCH,” ujarnya.

Diungkapkannya, dirinya sudah dua kali berangkat haji, yakni tahun 2019 menjadi cadangan gagal berangkat, dan 2020‎ karena pandemi Covid-19. “Walaupun dua kali gagal berangkat haji, uang setoran tidak akan saya ambil,” ujarnya.‎

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *