Jembatan di Desa Tanggul Rejo, Rusak Parah

Kondisi Jembatan milik Pemkab Batola di Desa Tanggul Rejo.

MARABAHAN,Kalselpos.com – Sebuah jembatan sepanjang kurang lebih 80 meter dan lebar 3 meter di Desa Tanggul Rejo, Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala (Batola) mengalami kerusakan cukup parah.

Rusaknya jembatan tersebut sudah kurang lebih 4 tahun. Jembatan itu diperkirakan sudah berumur kurang lebih selama 30 tahun.

Bacaan Lainnya

 

Baca Berita Hari Ini, Berita Terbaru Terkini | kalselpos.com | Media Terpercaya dan Terverifikasi Dewan Pers

 

Adapun bagian jembatan yang mengalami kerusakan, seperti bagian lantai banyak patah dan lapuk, sementara bagian tiang juga sudah mulai lapuk.

Hal demikian itu diungkapkan salah seorang tokoh masyarakat bernama Suparmin. “Jembatan ini sangat penting untuk warga, karena jika lewat jembatan desa tetangga harus menempuh jarak yang cukup jauh,”ungkapnya, Kamis (4/6).

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Tanggul Rejo, Amberi mengatakan, jembatan yang rusak tersebut merupakan aset Pemerintah Kabupaten Batola, sehingga untuk menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tidak bisa.

Sementara ini perbaikan dilakukan secara swadaya masyarakat. “Sudah sering dilakukan perbaikan jembatan tersebut, sehingga jembatan bisa terus digunakan warga pejalan kaki maupun pengendara,”terang Kades.

Disampaikannya, untuk usulan pada Pemkab Batola, hampir tiap tahun dimasukan pada Musrembang Kecamatan Tabunganen.

“Sejak saya menjadi Kades pada tahun 2015 lalu, hingga saat ini masih belum terealisasi, kondisi jembatan sepertinya tinggal menunggu waktu ambruknya saja,”pungkasnya.

Penulis : Ibrahim
Editor : Muliadi
Penanggungjawab : SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait