Pemko Mulai Pembangunan Jembatan Gerilya

  • Whatsapp
Pemantauan pembangunan Jembatan Gerilya, Kecamatan Banjarmasin Selatan, oleh Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina didampingi Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Arifin Noor

BANJARMASIN, Kalselpos.com Selain pembangunan jembatan Pulau Bromo, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin juga membangun jembatan di kawasan Jalan Gerilya, Banjarmasin Selatan.

 

Bacaan Lainnya

Dalam pembangunan jembatan Geriliya diawali dengan syukuran yang dihadiri oleh Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Arifin Noor berserta kontraktor pengerjaan jembatan PT Hasrat Jaya Utama.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, jembatan yang dibuat dengan desain melengkung itu nantinya akan menjadi akses penghubung antara kawasan Kelayan A dan Kelayan B sekaligus menjadi alternatif dalam memecah kepadatan transportasi dari jalan Tol.

“Jembatan ini sudah sangat lama kita rencanakan, namun karena sesuatu dan lain hal baru saja bisa kita mulai pembangunannya,” ungkap orang nomor satu di Bumi Kayuh Baimbai itu.

 

Baca Berita Hari Ini, Berita Terbaru Terkini | kalselpos.com | Media Terpercaya dan Terverifikasi Dewan Pers

 

Kemudian, ia menjelaskan, proyek jembatan yang menghabiskan APBD sebesar Rp 13 Miliar dan dikerjakan oleh PT Hasrat Jaya Utama itu akan dibangun dengan ukuran panjang 50 meter dan lebar 10 meter.

“Kita menargetkan pengerjaan proyek ini selesai pada akhir Desember 2020 ini,” ujarnya.

Selain itu, ia menyebut, pihaknya tetap mengedepankan kearifan lokal dalam hal penggunaan alat teranportasi sungai yang masih banyak digunakan warga dalam pembangunan tersebut.

“Makanya kita buat dengan desian melengkung, jadi warga yang memakai kelotok atau perahu masih bisa lewat dibawahnya. Nanti juga kita buat trotoar di sisi kiri dan kanan jalan jembatan,” ucap politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Sementara itu, Project Manager PT Hasrat Jaya Utama, Ir Achmad Wahyudi menerangkan, kontrak pengerjaan jembatan yang berlokasi di pertigaan Jalan Gerilya itu terhitung 8 bulan masa pengerjaan. Pondasi jembatannya 50 meter, Opritnya 25 meter dan lebarnya 10 meter. Kemudian, tinggi jembatan dari permukaan air adalah 2 meter.

“kami optimis pengerjaan jembatan Geriliya ini selesai Desember 2020, agar bisa jembatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang melintas,” tandasnya.

Penulis : Fudael
Editor : Zakiri
Penanggungjawab : SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *