Kepala BPS Kalsel sebut NTP Turun di Bulan Mei

  • Whatsapp
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalsel Ir Diah Utami M.Sc saat jumpa pers (Ist)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Nilai Tukar Petani (NTP) di Kalimantan Selatan (Kalsel) pada bulan Mei 2020 mengalami penurunan sebesar 0,25 persen atau sebesar 98,39 dibanding NTP bulan April yang mencapai 98,64.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Ir Diah Utami M.Sc pada saat jumpa pers kepada wartawan mengungkapkan NTP yang diperoleh dari perbandingan indeks harga yang diterima petani (It) terhadap indeks harga yang dibayar petani (Ib) merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat kemampuan/daya beli petani di pedesaan, Selasa (2/6).

Bacaan Lainnya

NTP juga menunjukkan daya tukar ‘term of trade’ dari produk pertanian dengan barang dan jasa yang dikonsumsi maupun untuk biaya produksi.

 

Baca Berita Hari Ini, Berita Terbaru Terkini | kalselpos.com | Media Terpercaya dan Terverifikasi Dewan Pers

 

Semakin tinggi NTP, relatif semakin kuat pula tingkat daya beli petani. Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian (NTUP) diperoleh dari perbandingan indeks harga yang diterima petani (It) terhadap indeks harga yang dibayar petani (Ib) sebut Diah”.

Menurutnya, komponen Ib hanya terdiri dari Biaya Produksi dan Penambahan Barang Modal (BPPBM).

Dengan dikeluarkannya konsumsi dari komponen indeks harga yang dibayar petani (Ib), NTUP dapat lebih mencerminkan kemampuan produksi petani, karena yang dibandingkan hanya produksi dengan biaya produksinya.

“Pada Mei 2020, NTP Kalimantan Selatan tercatat sebesar 98,39 atau turun 0,25 persen jika dibandingkan NTP pada April 2020 yang mencapai 98,64 persen,”ungkapnya.

Penurunan tersebut disebabkan indeks harga yang diterima petani (It) turun sebesar 0,09 persen, sedangkan indeks harga yang dibayar petani (Ib) mengalami kenaikan sebesar 0,16 persen.

“Dimana indeks konsumsi rumah tangga naik 0,13 persen dan indeks BPPBM naik 0,25 persen,”pungkasnya.

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Muliadi
Penanggungjawab : SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *