Pembagunan Jembatan Pulau Bromo Mulai Dijalankan

  • Whatsapp
Pemantauan pembangunan Jembatan Pulau Bromo oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Arifin Noor

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Pembangunan Jembatan Pulau Bromo yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akhirnya mulai dijalankan.

 

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Arifin Noor mengatakan, jembatan yang akan menjadi satu-satunya penyeberangan daratan terujung Kota Banjarmasin itu akan dibangun dengan konsep jembatan gantung.

“Alhamdulillah, saat ini hampir lima persen dari pengerjaan Jembatan Gantung Pulau Bromo ini sudah berjalan,” ucapnya pada awak media saat melakukan pememantauan perkembangan pembangunan jembatan tersebut ke Pulau Bromo, Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Selasa (2/6/2020) siang.

Ia menjelaskan, bahwa jembatan yang akan membelah sungai martapura tersebut nantinya akan dibangun dengan panjang 168 meter, lebar 2 meter dan tower pengikat di sisi kiri dan kanan jembatan setinggumi 15 meter.

“Jika sudah selesai, jembatan ini hanya tidak boleh dilalui oleh kendaraan roda empat, terkecuali mobil ambulan,” ujarnya.

 

Baca Berita Hari Ini, Berita Terbaru Terkini | kalselpos.com | Media Terpercaya dan Terverifikasi Dewan Pers

 

Selain itu, dalam pembangunan jembatan gantung tersebut nanti pihaknya juga akan membangun ruang terbuka hijau (RTH) yang menggunakan pondasi spun pile (tiang lancang bulat atau biasa disebut dengan paku bumi) D500.

“Selain sebagai sarana penyeberangan, konsep jembatan gantung dengam RTH ini juga digunakan sebagai taman rekreasi untuk bersantai yang dilengkapi dengan tempat parkir sepeda motor,” jelasnya.

Pria dengan sapaan Arifin itu melanjutkan, jembatan yang menghabiskan dana APBD sebesar Rp 40 Miliar itu ditargetkan harus selesai pada akhir Desember 2020. “Sehingga warga Pulau Bromo yang bekerja di Banjarmasin tidak lagi menyeberang dengan menggunakan kapal, dan ini tentunya mempermudah akses warga yang ingin melakukan aktivitas di Kota Banjarmasin,” ungkapnya.

Salah satu warga Pulau Bromo, Widia Hawati memgaku sangat senang dengan adanya pembangunan jembatan oleh Pemko Banjarmasin. “Saya sangat bersyukur dengan ada nya pekerjaan jembatan ini yang sudah mulai dilaksanakan,” imbuhnya.

Menurutnya, mayoritas warga disini yang kerja diluar kota, yang sehari-harinya memakai kapal untuk menyeberang. “Semoga saja pengerjaan jembatan gantung yang sudah lama diharapkan warga ini berjalan lancar dan cepat selesai,” harap ibu rumah tangga anak dua itu.

Penulis : Fudael
Editor : Zakiri
Penanggungjawab : SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *