19 Juni pengisian nilai ujian SD dan SMP

  • Whatsapp
Ir. Sartono MSi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanbu.

BATULICIN,Kalselpos.com – Tes Ujian untuk kelulusan tingkat Sekolah Dasar (SD/MI), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Kalimantan Selatan melakukan langkah kebijakan di tengah pandemi Covid-19.

Adapun acuan Disdikbud Tanbu ialah Surat Edaran (SE) Kementerian Pendidikan Nomor 4 tahun 2020 tertanggal 24 Maret 2020 tentang kegiatan belajar mengajar pada masa darurat penyebaran Covid-19. Selain itu SE Bupati Tanbu Nomor B/443.1/652/Bag.Pem.2/lll/2020 tertanggal 16 Marer 2020 tentang pengendalian dan pencegahan Covid-19.

Bacaan Lainnya

 

Baca Berita Hari Ini, Berita Terbaru Terkini | kalselpos.com | Media Terpercaya dan Terverifikasi Dewan Pers

 

Dengan dasar itulah, Ir. Sartono MSi selaku Kadisdik Tanbu, Selasa (2/6) siang menyampaikan bahwa pihaknya pada bulan Maret telah mengeluarkan SE B/421/4298/Disdikbud/lll/2020 tentang pelaksanaan ujian sekolah untuk kelulusan dan kenaikan kelas jenjang SD dan SMP tahun ajaran 2019/2020.

Dijelaskan, untuk kelulusan SD (negeri dan swasta) berdasarkan nilai 5 semester yang sudah dilalui, dalam arti dasar nilai kelulusan SD nilai rata-rata semester gasal dan genap kelas 4 kemudian semester gasal dan genap kelas 5 serta raport semester gasal kelas 6 SD. 

Adapun untuk SMP (negeri dan swasta)  diambil dari nilai rata rata raport semester gasal dan genap kelas 1 kelas 2 ditambah dengan nilai semester gasal kelas 3 SMP. 

“Ujian akhir semester dilakukan dalam bentuk portofolio dari rata-rata nilai rapor, ujian semester pada kenaikan kelas dirancang dalam rangka mendorong aktivitas belajar yang bermakna. Sementara penulisan raport bagi siswa SD dan SMP dilukukan pada tanggal 19 Juni 2020,” ungkap Sarono. 

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *