Dandim : Maknai Hari Lahir Pancasila Dengan Saling Membantu

  • Whatsapp
Komandan Kodim (Dandim) 1007/Banjarmasin, Kolonel Inf Anggara Sitompul (dok)

BANJARMASIN, Kalselpos.com

– Hari Kelahiran Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonseia yang diperingati pada setiap 1 Juni memang menjadi momen kebangkitan rasa nasionalisme bagi setiap masyarakat yang tinggal di Bumi Pertiwi.

Namun, saat ini peringatan hari lahirnya ideologi milik bangsa Indonesia tersebut harus diwarnai dengan terjadinya pandemi Covid-19 atau virus Corona yang sudah menelan ribuan korban, termasuk Kota Banjarmasin yang saat ini menduduki peringkat pertama di Provinsi Kalimantan Selatan dengan jumlah kasus terkonfirmasi positifnya.

Bacaan Lainnya

Melihat kondisi tersebut, Komandan Kodim (Dandim) 1007/Banjarmasin, Kolonel Inf Anggara Sitompul mengajak rakyat Indonesia terkhusus bagi warga Banjarmasin untuk bisa mewujudkan seluruh rasa nasionalisme yang dimiliki dengan saling membantu sesama.

“Salah satu cara merayakan hari lahirnya Pancasila yakni tetap berbagi dengan sesama serta gotong-royong terutama dalam membantu warga terdampak yang membutuhkan bantuan dalam menghadapi situasi tanggap darurat nasional akibat pandemi virus Corona ini,” ucap pria yang dikenal dengan ketegasannya itu, Minggu (31/05/2020) malam.

 

Baca Berita Hari Ini, Berita Terbaru Terkini | kalselpos.com | Media Terpercaya dan Terverifikasi Dewan Pers

 

Ia menyebut, selain untuk mewujudkan rasa nasionalisme, kegiatan bahu membahu dalam kehidupan bermasyarakat juga merupakan bentuk penghargaan kepada founding father Negara Indonesia yang telah menghadiahkan 5 ideologi kebangsaan tersebut kepada generasi penerus Bangsa Indonesia saat ini.

“Pada hakikatnya adalah mengandung makna yang harus dihormati oleh semua warga negara,” ungkap orang nomor satu di Makodim 1007/Banjarmasin itu.

Sehingga, dengan telah dirumuskannya tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kita bisa hidup bersatu dalam keberagaman suku bangsa.

Menurutnya, Pancasila merupakan suatu konsep kehidupan berbangsa dan bernegara yang paling cocok diterapkan oleh NKRI yang dikenal dengan jumlah suku bangsa yang beragam.

“Oleh karena itu wajib bagi kita semua untuk merawatnya dengan tetap menjunjung tinggi ideologi Pancasila ditengah kehidupan bermasyarakat,” pungkasnya

Penulis : Hafidz
Editor : Zakiri
Penanggungjawab : SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *