HSU Kembangkan Budidaya Ikan Haruan

  • Whatsapp
BUDIDAYA-Salah satu prnambang ikan haruan nampak sedang memberikan pakan pada kolam ikan miliknya.(ist)

AMUNTAI, Kalselpos.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) tengah mengembangkan budidaya ikan lokal atau Ikan Gabus (Haruan).

Desa Pulau Tambak di Kecamatan Amuntai Selatan yang dikenal banyak daerah rawa dan juga tumbuhan liar eceng gondok dijadikan lokasi pengembangan ikan jenis lokal (Haruan) ini.

Bacaan Lainnya

Bupati HSU H. Abdul Wahid, HK menyampaikan, pemerintah mengembangkan budidaya ikan lokal ini melalui dana APBD perubahan 2019.

Diutarakannya, dimana ikan Gabus atau Haruan tadi dipelihara dari kecil atau benih ikan yang didapat dari hasil tangkapan di alam.

 

Baca Berita Hari Ini, Berita Terbaru Terkini | kalselpos.com | Media Terpercaya dan Terverifikasi Dewan Pers

 

“Karena menyesuaikan dengan sifat predatornya, maka diadaptasikan secara bertahap dengan mencoba pemberian pakan pabrik akan tetapi diselingi dengan pemberian pakan ikan Sepat (jenis ikam rawa kecil rucah) saat ikan ini sepat banyak juga di alam, ” terang Wahid.

Dari hasil pembudidayan, ikan lokal tadi mencapai berat sekitar 4 sampai 5 ons dengan masa pemeliharaan sekitar 5,5 bulan. Hal tersebut dibarengi dengan kondisi kualitas air mendukung.

Namun ungkap Bupati Wahid, semua itu, tidak akan berhasil tanpa kerja sama yang baik dari petani ikan dengan PPL dan aparat yang membidanginya.

“Mudahan mudahan hal ini dapat memberikan manfaat. Dan kedepannya dapat ditiru oleh desa lainnya,” harapnya.

Penulis: adiyat
Editor: wandi
Penanggung Jawab: SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.