Wabup Serahkan Kartu Prakerja

SERAHKAN- Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor saat menyerahan Kartu Prakerja kepada Warga masyarakat yang terdampak covid 19. Kamis (28/5).(ist)

RANTAU,Kalselpos.com – Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor menyerahkan secara resmi bantuan kartu prakerja bagi warga Kabupaten Tapin terdampak covid 19.

Penyerahan kartu prakerja tersebut berlangsung di Aula BNI Kantor Cabang Pembantu Rantau Kamis (28/5).

Bacaan Lainnya

Sebanyak 30 orang lulus verifikasi online difasiltasi Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tapin mendapatkan kartu prakerja.

Penyerahan bantuan kartu prakerja juga didampingi Pimpinan BNI Kantor Cabang Barabai dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tapin Hj Fauziah.

“Harapannya dengan adanya kartu pra kerja dapat memberikan peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan keterampilan sekaligus mendapatkan pekerjaan, “jelas Wakil Bupati Tapin dalam sambutannya.

Program kartu prakerja saat ini sudah selesai gelombang kedua yang jumlah penerima dan lulus verifikasi online sebanyak 30 orang.

 

Baca Berita Hari Ini, Berita Terbaru Terkini | kalselpos.com | Media Terpercaya dan Terverifikasi Dewan Pers

 

Setiap peserta akan mendapatkan uang senilaiRp3.550.000,- dengan rincian sebagai berikut pertama untuk bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta rupiah, kedua insebtif setelah pelatihan sebesar Rp600.000 diberikan selama 4 (empat) bulan dan ketiga isentif survey ketebagakerjaan sebesar Rp50.000 diberikan selama 3 (tiga) kali survey total Rp150.000 per peserta.

“Sekali lagi kami berharap adanya bantuan program kartu prakerja ini akan meningkatkan keterampilan bagi yang mendapatkannya dan ilmunya dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk pekerjaannya,”ujar Wabup.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja Tapin Hj Fauziah melaporkan, program kartu prakerja dibuat oleh pemerintah pusat melalui Kementrian Perekonomian dan Kementrian Tenaga Kerja Dalam rangka membantu masyarakat yang di PHK dan mereka kesulitan mencari kerja.

Sementara persyaratan untuk mendapatkan kartu prakerja adalah WNI berusia 18 Tahun dan tidak dalam bersekolah dan kuliah.

“Awalnya program ini untuk pengangguran muda, namun mewabahnya covid 19, maka program ini diproritaskan bagi yang pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak covid 19, ” katanya.

Hanya saja untuk mendapatkan kartu prakerja ini warga mendaftar melalui via online, apabila dinyatakan lulus verifikasi online berhak mendapatkan kartu prakerja dan dananya disalurkan resmi melalui Bank BNI.

“Mudah-mudahan adanya kartu prakerja dapat menghasilkan suatu pekerjaan, “harapnya.

Penulis:dillah
Editor:wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait