Sopir angkutan sembako keluhkan posko perbatasan Kalteng

  • Whatsapp
Hanif Faisol Nurofiq, Wakil Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kalsel.(Anas Aliando)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Para sopir pengangkut sembako  yang mau masuk ke wilayah Kalimantan Tengah mengeluh. Jika ingin melintas, mereka harus menunjukkan surat hasil swab Polymerase Chain Reaction (PCR) kepada petugas gugus tugas Covid-19 Kalteng  yang berjaga diperbatasan. Jika tidak bisa menunjukkan surat swab PCR, maka sopir tidak diizinkan masuk ke Bumi Tambun Bungai itu alias balik kanan.

Wakil ketua harian Gugus Tugas Covid-19 Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq menanggapi serius keluhan para sopir itu. Menurutnya, gugus tugas Covid-19 Provinsi Kalsel belum bisa melakukan pelayanan swab karena beberapa faktor, diantaranya terbatasnya alat dan biaya yang mahal serta tidak diperuntukkan untuk umum atau keperluan bisnis. 

Bacaan Lainnya

 

Baca Berita Hari Ini, Berita Terbaru Terkini | kalselpos.com | Media Terpercaya dan Terverifikasi Dewan Pers

 

“Selain itu yang ditunjuk melakukan swab cuma satu yaitu Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kalsel. Sementara swasta belum ada yang ditunjuk sebagai badan yang berhak mengeluarkan analisa swab itu. Jadi benar-benar untuk menangani pandemi tidak dikomersilkan,” ujar Hanif kepada wartawan di Banjarmasin, Kamis (28/5/2020).

Hanif menyampaikan, gugus tugas provinsi segera mengambil langkah dalam menyikapi keluhan para sopir tersebut. Salah satunya dengan melakukan komunikasi dengan gugus tugas Kalteng. “Perlu pengaduan resmi jika swab diberlakukan,” cetusnya.

Hanif menilai, ada over penanganan Covid-19 di Kalteng. “Harus disikapi dengan bijaksana,” imbuhnya.

Kadis Kehutanan Provinsi Kalsel itu berkata, persyaratan  ketat bagi sopir pengangkut sembako yang mau memasuki Kalteng dapat merugikan Kalteng sendiri. “Mereka bisa terkendala logistik, itu merugikan mereka sendiri, mereka juga kolaps sendiri jadi harus dicermati,” tandasnya.

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *